Hari Pertama Tahun Baru, Jakarta Dihadiahi Banjir Besar
Oleh : Redaksi
Rabu | 01-01-2020 | 09:00 WIB
banjir_jakarta2.jpg
Banjir melanda Jakarta akibat hujan deras dari kemarin siang hingga pagi hari tadi (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sejumlah wilayah di DKI Jakarta dilanda banjir setelah hujan lebat mengguyur wilayah itu selama seharian pada hari pertama tahun baru, Rabu (1/1/2020).

Berdasarkan informasi dari TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro, beberapa wilayah Jakarta yang dilanda banjir itu di antaranya di Perumahan Setneg Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Banjir di wilayah itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB dengan ketinggian air sekitar 30 hingga 50 sentimeter. Wilayah lainnya yakni di Kampus Borobudur di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur dengan ketinggian air diperkirakan mencapai hingga 40 sentimeter.

Kemudian di perumahan warga di Kelurahan Gedong di Pasar Rebo, Jakarta Timur dengan ketinggian air diperkirakan mencapai 30-70 sentimeter.

Banjir juga melanda perumahan warga di Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara.

Kawasan Jalan Bambu Kuning Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat juga dilaporkan terjadi banjir dengan ketinggian air mencapai 50-60 sentimeter.

Selengkapnya, untuk daerah Jakarta yang terendam Banjir yakni depan kantor Lurah Kalibata, Jakarta Selatan; dan Pesanggarahan, Jakarta Selatan. Selanjutnya, Kepala Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara; Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara.

Untuk di daerah Jakarta Timur yakni, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur; RW 07 Kelurahan Makasar, Jakarta Timur; Perumahan Graha Asri Taman Mini, Jakarta Timur; Terowongan Cawang, Jakarta Timur; Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur; Perumahan Palad, Pulogadung, Jakarta Timur; Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur.

Permukiman di Jalan Gondangdia Baru, RT 04 RW 09, Jati Cempaka, Pondek Gede, Jakarta Timur juga terendam banjir.

Puteranegara, warga setempat melaporkan, banjir setinggi betis orang dewasa sudah menggenangi jalan dan masuk ke rumah-rumah warga di sekitar itu. “Sekarang sibuk angkat-angkat barang,” katanya melalui telepon.

Kompleks perumahan Jatiwaringin Asri, Pondok Gede juga dilaporkan tergenang banjir hingga sedada orang dewasa.

Banjir juga terjadi di sekitar Jalan Marga Jaya, Rawa Buaya, Jakarta Barat; Jalan Bambu Kuning, Cengkareng, Jakarta Barat; Perumahan Kalideres Permai, Jakarta Barat; Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat; Jalan Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Adapun daerah Jakarta Pusat yang terendam banjir yakni, depan Polsek Johar Baru, Tanah Tinggi Barat, Jakarta Pusat; Perumahan Setneg, Cempaka Putih, Jakarta Pusat; Jalan Bangau, Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Sementara itu, akun Twitter BPBD DKI Jakarta melaporkan, sejumlah pintu air di Jakarta dinyatakan status siaga satu hingga siaga tiga. Jakarta masih akan dilanda banjir karena kiriman dari air dari Bendung Katulampa Bogor yang diperkirakan sampai Jakarta pukul 18.00 WIB.

Banjir juga tidak hanya melanda Jakarta, tetapi juga Bekasi, Tangerang dan sebagian wilayah Bogor

Editor: Surya