Polisi Pastikan Arus Mudik Nataru di Pelabuhan Batuampar Berjalan Kondusif
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 31-12-2019 | 16:52 WIB
pengamanan-pelabnuhan.jpg
Personil gabungan saat menanti kedatangan KM Klud yang akan bersandar. (Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Personil kepolisian bersama instansi terkait saat ini terus melakukan pengamanan di Pelabuhan Batuampar, tepatnya untuk menjaga kondusifitas penumpang yang turun maupun berangkat menggunakan kapal Kelud, Selasa (31/12/2019).

Pantauan di lapangan, para penumpang masih menunggu keberangkatan yang dijadwalkan pukul 19.00 WIB. Pengamanan yang dilakukan masih rangkaian Operasi Lilin pengamanan arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Keberadaan para personil gabungan dari Polsek KKP, bersama instansi terkait, juga diapresiasi oleh para penumpang. Sebab, hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya tindak kejahatan seperti copet dan lainnya.

Ditambah lagi dengan keikutsertaan petugas untuk membantu para penumpang yang turun maupun naik, sehingga dapat meringankan beban para penumpang.

Hal tersebut diakui salah seorang penumpang, Agus, yang baru saja turun dari KM Kelud. Ia merasa terbantu dengan adanya petugas yang berjaga.

"Kalau ada petugas yang berjaga, tentunya kondisi aman. Upaya pencurian bisa diminimalisir. Apalagi mereka juga mau membantu penumpang yang kesulitan hingga porter datang," ujar Agus.

Untuk jadwal KM Kelud hari ini dari Belawan menuju Jakarta, dengan penumpang yang turun sebanyak 2.817 penumpang, dan yang naik sekitar 605 orang.

"Sejauh ini kondisi di Pelabuhan berjalan lancar. Untuk keberangkatan kapal menuju Jakarta dijadwalkan pada pukul 19.00 WIB nanti. KM Kelud juga baru bersandar dan para penumpang dari Belawan baru turun. Ini prioritas kami untuk menjaga keamanan dan kelancaran para penumpang," ujar Kapolsek KKP, AKP Syaiful Badawi.

Ditambahkan, untuk menjaga kondusifitas sekitar 15 pesonil gabungan disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan saat penumpang turun maupun naik.

Editor: Yudha