BMKG Siapkan Teleskop Pantau Gerhana Matahari di Dataran Engku Putri Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 26-12-2019 | 13:09 WIB
gerhana-matahari-cincin2.jpg
Penampakan gerhana matahari cincin di Kota Batam. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, menyiapkan satu unit teleskop guna mengamati fenomena gerhana matahari cincin di dataran Engku Putri.

Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan, Batam menjadi salah satu wilayah yang dilintasi gerhana matahari cincin penuh. Selain Batam, wilayah Karimun dan Tanjungpinang juga mendapatkan fenomena serupa.

Ia menjelaskan, gerhana matahari yang berlangsung pada Pukul 12.24 WIB ini berlangsung dengan kondisi cuaca yang cukup cerah dan memungkinkan masyarakat leluasa mengamati gerhana matahari.

"Di Batam, kami ikut memantau langsung gerhana matahari cincin. Kami menyiapkan satu teleskop untuk bisa melihat dan mengamati langsung gerhana ini," kata Suratman, Kamis (26/12/2019).

Ia mengatakan, fase awal gerhana matahari cincin di Kota Batam berlangsung pada Pukul 10.27 WIB dan puncak gerhana matahari terjadi pada pukul 12.24 WIB.

"Saat ini gerhana matahari cincin sudah terlihat di Batam. Gerhana ini melintasi wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa gerhana matahari cincin juga bisa disaksikan via siaran langsung melalui laman resmi BMKG, www.bmkg.go.id.

"Kami mengimbau masyarakat jangan melihat secara langsung proses gerhana matahari cincin, karena dapat membahayakan retina mata yang bisa merusak penglihatan," tegasnya.

Editor: Dardani