Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Disparbud Provinsi Kepri Targetkan Kunjungan 100 Ribu Wisatawan
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 25-12-2019 | 14:00 WIB
kadis-pariwisata.jpg
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar. (Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepulauan Riau sebagai salah satu wilayah yang akan menjadi saksi fenomena gerhana matahari cincin pada 26 Desember mendatang. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman), serta Wisatawan Nusantara (Wisnus).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar menjelaskan dengan adanya fenomena alam ini. Pihaknya menargetkan kunjungan wisman mencapai 100 ribu orang. Untuk Kepri, gerhana matahari cincin dapat dinikmati di beberapa kabupaten/kota diantaranya Tanjungpinang, Kota Batam, Bintan, serta Karimun.

"Beberapa tempat yang sudah disediakan untuk menyaksikan gerhana matahari, antara lain di Monumen Gongon Kota Tanjungpinang (Ibu Kota Kepri), Dataran Engku Putri Batam Center, Bintan dan Karimun," ujarnya, Rabu (25/12/2019).

Buralimar menambahkan, hanya berselang tiga menit. Pihaknya hingga menit terakhir terus melakukan komunikasi dengan Pemda, dan asosiasi perjalanan wisata.

"Gerhana ini hanya berlangsung tiga menit, itu sesuatu sekali untuk wilayah yang menjadi tempat perlintasan," lanjutnya.

Buralimar mengatakan, bulan Desember 2019 target kunjungan wisman awalnya 300.000 orang, karena ada gerhana cincin matahari diperkirakan mencapai 400.000 wisman. "Semoga cuaca mendukung," kata dia.

Ia memperkirakan wisman akan banyak datang ke Kepri karena di Singapura gerhananya tidak secara total. Selain itu, Buralimar akan berusaha menfasilitasi peralatan untuk melihat gerhana tersebut.

"Kami akan rapatkan lagi, termasuk akan meminta bantuan kepada para fotografer untuk menyediakan alat tersebut," katanya.

Editor: Chandra