Basarnas RI Targetkan 8 Kapal Lagi Untuk Memperkuat Armada di Lautan
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 24-12-2019 | 18:21 WIB
basarnas3.jpg
KN SAR Wisnu 103 saat hendak dilaunching di kawasan PT KAS. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua kapal telah resmi dilaunching Kepala Basarnas RI beberapa hari lalu di kawasan PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) Tanjunguncang, Batuaji, Batam.

Total pasca selesainya proyek pengerjaan dua kapal besar yang diberi nama KN SAR Wisnu 103 dan KN SAR Kamajaya 104 ini, Kepala Basarnas RI, Bagus Puruhito, mengatakan secara total kini mereka telah memiliki 70 kapal SAR yang ditempatkan di seluruh nusantara.

"Awalnya kita ada 68 kapal, hingga selesainya proyek 2 kapal di PT KAS ini kita miliki 70 armada," ujarnya Selasa (17/12/2019) pukul 12:30 siang lalu di kawasan PT KAS.

"70 kapal itu tersebar di seluruh 38 lantor SAR di Indonesia," tambahnya.

Saat ditanyakan berapa jumlah kapal yang ideal untuk menyupport Basarnas dalam tugas penyelamatan di lautan, Bagus mengutarakan setidaknya membutuhkan 8 kapal besar lagi untuk mengcover luas kelautan Indonesia yang cukup luas ini.

"Paling tidak kedepannya kita untuk kapal besar ini butuh sekitar 8 lagi untuk memperkuat armada. InsyaAllah dua tahun sekali kita akan berusaha menambahkan beberapa unit kapal ini lagi," tandasnya.

Editor: Chandra