Saka Bhayangkara Turut Partisipasi Amankan Kegiatan Nataru
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 24-12-2019 | 17:40 WIB
saka-bhayangkara-batam.jpg
Anggota Saka Bhayangkara bentukan Polresta Barelang saat membantu kelancaran lalu lintas di kawasan Nagoya Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kegiatan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019, pihak kepolisian turut dibantu oleh Satuan Karya Bhayangkara (Saka Bhayangkara) terutama untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan padat keramaian.

Seperti yang disampaikan Provos Saka Bhayangkara Polresta Barelang, Silvester Fernando, keberadaan mereka adalah di bawah naungan Kasat Binmas Polresta Barelang, Kompol Ramses Marpaung, Polresta Barelang.

Mulai hari ini, Selasa (24/12/2019) mereka telah digaskan turut berpatisipasi dalam kegiatan pengamanan Nataru di beberapa titik berbeda.

"Dari tanggal 24 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020 kami ditugaskan membantu PAM Nataru sedari pukul 08:00 WIB - 16:00 WIB," ujar Silvester Fernando.

Penempatan mereka lebih banyak difokuskan pada kawasan padat keramaian seperti sekitar Nagoya Hill. Di lokasi ini mereka ditempatkan sebanyak 12 orang.

Begitu juga di kawasan sekitar alun-alun Engku Putri dan Mega Mall, Batam Center, personel Saka Bhayangkara ditempatkan sebanyak 13 orang.

"Di Bandara kita ada 14 orang juga. Begitu juga di beberapa kawasan di Gereja untuk Natal ini ada 10 orang yang diposisikan di beberapa gereja," tambahnya.

Hal utama yang banyak membuat siswa-siswa sekolah menengah atas ini tertarik bergabung dengan Saka Bhayangkara, karena lebih banyak tugas bakti kepada masyarakat, terutama perihal keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dan hampir dalam kegiatan polri yang ada pengamanan kita dilibatkan. Bakti kepada masyarakat adalah hal yang kami sukai dengan adanya ini," tambah salah seorang anggota Saka Bhayangkara lainnya saat diwawancara di kawasan Nagoya, Batam.

Pantauan BATAMTODAY.COM, sejak pagi hingga selesai masa tugas mereka, para siswa sekolah ini bertugas dalam membantu para pejalan kaki menyeberangi jalan di kawasan-kawasan tugas mereka.

Hal ini membuat arus lalu lintas berjalan teratur dan juga pejalan kaki merasa aman serta nyaman saat hendak menyeberang jalan.

Editor: Dardani