Tiket Tidak Sesuai KTP, 3 Penumpang Pelni Tujuan Belawan Batal Berangkat
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 23-12-2019 | 11:40 WIB
pel-sekupang1.jpg
Kapal Pelni di Pelabuhan Batuampar. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Kota Batam terpaksa membatalkan keberangkatan 3 penumpang dari Pelabuhan Batuampar menuju Belawan Medan pada Jumat (20/12/2019).

Hal itu dikarenakan tiga penumpang yang akan berangkat menggunakan kapal bantuan Dorolonda tidak sesuai nama yang tertera di tiket Pelni dengan identitas penumpang.

"Hari Jumat kemarin ada 3 orang penumpang yang kami tidak izinkan berangkat. Dua orang berhasil kabur dan 1 orang berhasil kita amankan," ujar Kepala Pelni Cabang Batam, Capt. Agus Suprijatno M.MAR, Senin (23/12/2019) siang.

Menurutnya ketiga orang tersebut tidak sesuai nama ditiket dengan identitas yang diunjukan pada saat pengecekan oleh petugas. Bahkan ada salah satu penumpang yang beda jenis kelamin dengan identitas.

"Di tiket tertera nama perempuan, tapi identitas yang ditunjukan sebenarnya laki-laki. Ini yang harus kita terus berkerja semaksimal mungkin," katanya.

Ia mngaku akan berusaha semaksimal mumgkin dengn kondisi Pelabuhan yang ada. Pelabuhan bisa steril dan pempamg yang berangkat sesuai dengan tiket," tambahnya.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Batam yang akan mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan kebali lagi harus membeli tiket di konter resmi yang telah ditunjuk PT Pelni. Baik itu diloket Pelni Sekupang, Trevel resmi Pelni, situs online resmi, call center Pelni di 1021162 dan Indomaret atau Alfamat.

"Jangan membeli tiket dari sembarangan orang (calo-red), pastikan tiket yang dibeli harus sesuai dengan identitas. Karena pada saat boarding pass akan kembali dicocokan antara nama yang tercantum ditiket dengan KTP/SIM maupun Paspor asli. apabila tidak sesui dipastikan calon penumpang tidak bisa berangkat," tegasnya.

Hal ini sangat penting, untuk kebenaran penumpang yang akan berangkat sesuai dengan identitas menyangkut dengan faktor keselamatan dan manifest.

"Menyangkut juga dengan faktor asuransi dan lain-lainya. Kita sudah mengantisipasi dengan himbauan melalui media cetal dan online, supaya masyarakat membeli tiket di tempat yang resmi dan telah memasang spanduk-spanduk. Saya harap himbauan ini bisa diperhatikan dan betul-betul diikuti oleh masyarakat Batam. Sehingga masyarakat yang akan mudik Nataru bisa aman, nyaman dan sapai ke tujuan dengan selamat," himbauanya.

Editor: Yudha