Manajemen Masjid Jabal Arafah Tengah Persiapkan Sertipikat ISO 9001
Oleh : Nando
Minggu | 22-12-2019 | 15:04 WIB
buralimar_kepri.jpg
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar (Foto: Dok BATAMTODA.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah menjadi masjid percontohan dengan manajemen modern selama 8 tahun, masjid Jabal Arafah targetkan sertipikat ISO. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar yang juga merupakan Kepala Takmir Masjid Jabal Arafah, Nagoya, Lubuk Baja, Batam

Buralimar menjelaskan, saat ini pihaknya terus berupaya meraih pengakuan dalam hal pengelolaan tempat ibadah dan pemberdayaan umat. Persiapan sertifikasi ISO 9001, terus digesa oleh pihak Manjemen secara administratif maupun kelayakan masjid.

"ISO mungkin hanya sarana saja, yang penting masjid ini bisa nyaman, dan kita jadikan pusat pendidikan, pusat dakwah, pusat entertainment anak muda, pusat wisata religi dan kedepannya jadi pusat IT juga," ujarnya, Minggu (22/12/2019).

Ia juga menambahkan, untuk sertipikat ISO ditargetkan selesai pada tahun 2020. Pihaknya juga terus melakukan study banding ke beberapa masjid.

Diantaranya Masjid Sultan Singapura, Masjid Da'rut Tauhid Bandung, dan kedepannya akan dilaksanakan study banding kembali di Masjid Namirah Lamongan, Masjid Al Ikhlas, Masjid Jagakarsa, dan Masjid Jogokariyan.

"Kita harapkan terkait ISO ini, Jabal Arafah dapat menjadi masjid anak muda. Sehingga tempat berkumpul tidak hanya di mall tapi juga bisa di masjid. Jadi masjid ini tidak hanya jadi destinasi baru wisata religi tetapi juga jadi pusat bisnis," lanjutnya.

Untuk pembangunan Masjdi juga diakui tengah digesa dengan standart Internasional, seperti halnya papan informasi LED, imam maupun ustadz yang bertugas pun harus memiliki kecakapan minimal 2 bahasa, Indonesia dan Inggris.

Nantinya, management Masjid juga menyediakan layanan wisata, bagi wisatawan mancanegara dengan menyediakan kostum tertutup untuk wisatawan non muslim.

Dalam 5 tahun kedepan masjid ini tidak hanya ditargetkan bersertifikat ISO saja, tetapi juga di targetkan memiliki Hotel syariah, sehingga ekonomi masjid berjalan secara mandiri tidak hanya bergantung pada pemasukan infak saja.

"Untuk pembangunan kita sedang rancang hingga lima lantai, dimana pada lantai atas benar-benar dapat menjadi lokasi tongkrongab baru bagi para millenial di Batam," paparnya.

Masjid Jabal Arafah saat ini terus berkembang menjadi smart masjid. Fasilitas yang tersedia di Masjid selain dalam pendidikan agama seperti rumah tahfidz, study bahasa Arab, maupun baca Qur'an.

Masjid ini juga memiliki perpustakaan dengan koleksi buku lebih dari delapan ribu buku. Mulai dari pengety umum, agama hingga beberapa studi ilmu khusus seperti komputer. Beberapa penghargaan juga telah didapatkan oleh perpustakaan masjid ini.

Editor: Surya