10 Tahun Berlalu, Jalan di Perumahan Bagaman dan Glory Cahaya Permai Masih Berlumpur
Oleh : Hendra
Rabu | 18-12-2019 | 16:52 WIB
jalan-berlumpur-batam.jpg
Salah satu jalan di Perumahan Marina Green Tahap II dengan kondisi lumpur parah. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Intesitas hujan yang cukup deras belakangan ini di Batam, ibarat dua sisi mata uang. Satu sisi membawa berkah, sisi lainnya membawa kecemasan.

Hujan menjadi sumber ketersedian air baku di kawasan waduk penampungan air. Namun bagi warga yang tinggal menetap di kawasan pinggiran, menjadi masalah tersendiri karena akses jalan menuju perumahan mereka belum dijamah proyek semenisasi pemerintah.

Seperti kondisi jalan di Perumahan Bagaman dan Glory Cahaya Permai, Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji. Hujan yang belakangan ini sering turun tak ayal membuat kondisi jalan ke perumahan itu menjadi berlumpur parah.

Pantauan BATAMTODAY.COM, Rabu (18/12/2019) pukul 15.20 WIB sore, meski hujan sudah tidak turun lagi petang ini namun kondisi jalan di dua wilayah perumahan ini masih meprihatinkan karena lumpur yang menguap pasca hujan di hari sebelumnya.

Seorang pedagang mie ayam persis di area perumahan dua perumahan tersebut, biasanya dipanggil Bude saat diwawancara BATAMTODAY.COM mengatakan, situasi jalan di perumahan tanpa semenisasi ini telah berjalan selama 10 tahun lebih lamanya.

"Warga pasti berharap adanya semenisasi jalan. Karena jalan telah rusak parah sejak perumahan ada dari 10 tahun lalu," ujar perempuan asal Jawa Tengah tersebut didampingi suaminya yang berjualan bakso sejak 2013.

Selaras dengan warga lainnya, banyak yang mengatakan terkadang saat musim penghujan melanda jalan ini menyebabkan pengendara sepeda motor terjatuh karena kondisi tanah atau lumpurnya yang tidak memungkinkan dilewati.

"Tetapi kan akses ke perumahan ini hanya satu aja, yang berlumpur. Mau gak mau warga memaksakan melintas," ungkap Rohani warga lainnya.

"Di sekitar jalan terkadang memang ada pasar kaget, dan harapan kita hanya ingin pemerintah melihat keadaan ini sehingga proyek semenisasi masuk. Karena ini demi kebaikan warga juga," harap Rohani.

Tak hanya di dua perumahan ini saja, di lokasi lain masih tak jauh dari dua perumahan tersebut tepatnya di Perumahan Marina Green Tahap II menuju Perumahan Barelang lokasi jalan yang juga tampak sama.

"Di kawasan situ jalan juga berlumpur dan kasihan kadang kita di sini sudah lama jalan rusak tanpa semenisasi ini," tutup Rohani.

Editor: Gokli