Normalisasi Drainase Induk di Kavling Flamboyan Diharapkan Mampu Atasi Banjir di Sagulung
Oleh : Hendra Mahyuni
Rabu | 04-12-2019 | 17:28 WIB
yumasnur-drainase.jpg
Yumasnur, Kepala BMSDA Kota Batam saat memantau normalisasi di kawasan Kavling Flamboyan. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Normalisasi drainase kembali digalakkan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam. Hal ini dikarenakan curah hujan yang mulai tinggi di beberapa kawasan di Batam.

Seperti hari ini, normalisasi dilakukan persis di sepanjang drainase kawasan Kavling Plamboyan, Kecamatan Sagulung. Terpantau alat berat berada di lokasi beraktivitas menggeruk drainase.

Yumasnur, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam, mengatakan, drainase-drainase di wilayah Sagulung telah ada sedari lama dan hanya tinggal normalisasi ulang agar saat musim hujan drainase tidak meluap dan membanjiri jalan atau wilayah masyarakat.

"Karena itu kita adakan kembali normalisasi pada setiap drainase yang sekiranya berpotensi menimbulkan banjir di wilayah tertentu," ujarnya, Rabu (4/12/2019), saat sijumpai di lokasi normalisasi.

Yumasnur juga mengatakan persoalan ini bukan hanya perihal pengerukan semata karena persoalan drainase juga dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

"Jadi ketika air laut pasang maka arus air di sini tidak mengalir lancar. Jadi kita usahakan untuk menormalisasikan dulu drainase-drainase ini agar genangan air saat hujan tidak menyebabkan banjir," terangnya.

Masih kata Yumasnur, mengenai normalisasi ini juga akan dilakukan di wilayah Kavling Seroja, Kecamatan Sagulung. "Yang bisa dinormalisasi akan kita normalisasi agar banjir bisa diminimalisir," pungkasnya.

Editor: Gokli