Besok, Pemko Batam Realisasikan Penertiban Kawasan Pasar Induk Jodoh
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 29-10-2019 | 17:40 WIB
yusfa-asisten.jpg
Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Batam, Yusfa Hendri. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah sebelumnya mengalami penundaan, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyatakan akan merealisasikan penertiban kawasan Pasar Induk Jodoh, Rabu (30/10/2019) pagi.

Hal ini disampaikan langsung Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Batam, Yusfa Hendri saat ditemui sebelum rapat pembahasan mengenai ketersediaan air baku, yang dilaksanakan di Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (29/10/2019).

"Kalau tidak ada halangan, besok akan kita laksanakan untuk penertiban. Yang jadi prioritas adalah yang bagian luar dulu," ujarnya.

Untuk pelaksanaan kegiatan akan dimulai dengan apel pagi seluruh pasukan, yang akan dilakukan di kawasan Pacific Hotel. Pihaknya menargetkan pelaksanaan kegiatan akan dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Dalam penertiban yang akan berlangsung besok, Pemko Batam tidak akan menurunkan alat berat apapun. Adapun personil yang dilibatkan diperkirakan mencapai 900 personil gabungan.

"Tetapi untuk personil ini juga masih tunggu surat dari pihak kepolisian dulu, sementara besok selain personil kita hanya turunkan truk untuk angkut barang yang kita tertibkan," tuturnya.

Yusfa kembali mengingatkan, adanya pelaksanaan penertiban ini sesuai dengan kebijakan yang akan berdampak terhadap para pedagang di kawasan Jodoh dan Nagoya. Di mana pemberdayaan Pasar Induk ke depannya akan dikonsentrasikan bagi para pedagang di dua kawasan tersebut.

"Untuk memulai proses pengerjaannya, salah satu syaratnya adalah pembersihan kawasan itu dulu. Makanya kita akan mulai tahapannya besok," ungkapnya.

Adapun target untuk penertiban tahap awal, adalah bangunan semi permanen yang berada di kawasan row jalan raya. Di mana salah satu bangunan tersebut, diketahui menutup saluran pembuangan, bahkan ada beberapa bangunan ada yang diketahui berdiri di atas saluran air.

Editor: Gokli