Police Goes To School, Satlantas Polresta Barelang Sosialisasikan Keselamatan Berkendara pada Pelajar
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 29-10-2019 | 13:40 WIB
police1.jpg
Sosialisasi pada para pelajar SMK (kiri), foto bersama Polisi sahabt anak bersama murid TK. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selain menyasar perusahaan, sosialisasi keselamatan berlalu lintas atau safety riding juga gencar dilakukan ke sekolah-sekolah yang ada di Batam. Seperti yang dilakukan ke SMKN 02 Batam serta TK Filadelfia Bengkong, Selasa (29/10/2019).

Kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah atau diberi nama police goes to school ini, juga menitik beratkan tentang pemahanan agar berkendara tidak ugal-ugalan.

Kanit Dikyasa Sat Lantas Polresta Barelang, Iptu Sumihar, melalui Kasubnit I Ipda Indra Gunawan, mengungkapkan pembelajaran yang diberikan kepada para peserta didik beragam, tergantung kepada tingkatan sekolahnya.

"Ada dua sekolah yang kita datangi hari ini, yakni safety riding keliling ke SMKN 02 Batam dan Polisi sahabat anak ke TK Filadelfia Bengkong. Materi yang kita berikan berbeda, namun tetap bertujuan memberikan pemahaman untuk menjaga keselamatan berlalu lintas," ujar Indra, Selasa siang.

Dijelaskan, pihaknya memberikan himbauan kepada para pelajar di SMKN 02 untuk tidak mengendarai sepeda motor karena belum cukup umur serta belum memiliki SIM. Pihaknya juga menekankan agar pelajar bisa selalu patuh terhadap peraturan lalu klintas dan rambu yang ada di jalan.

"Kecelakaan yang terjadi, salah satu faktornya ialah pengendara usia dini yang ugal-ugalan dan tidak mematuhi rambu-rambu. Hal ini yang kita antisipasi guna mencegah korban kecelakaan khususnya pada pelajar," jelasnya.

Sementara sosialisasi yang dilakukan kepada murid-murid TK, dengan tujuan bisa mengingatkan orangtuanya agar lebih berhati-hati dalam berkendara. Sehingga, saat si anak mengingatkan dan lebih paham tentang tertib berlalu lintas, orangtuanya akan malu dan bisa mentaati aturan yang ada.

"Karena itu, anak-anak TK kita berikan pembelajaran tentang rambu-rambu serta apa yang harus dilengkapi saat berkendara. Sehigga orangtua akan malu jika nantinya diingatkan oleh anaknya yang masih kecil," tutur Indra.

Selain itu, pihaknya sama-sama membagikan stiker dan brosur tentang keselamatan berlalu lintas kepada murid-murid agar dipasangkan di kendaraan orangtuanya.

"Kita berharap sosialisasi ini bisa menimbulkan kesadaran di tengah masyarakat karena tertib berlalu lintas memiliki keutamaan untuk dirinya sendiri. Sehingga terhindar menjadi korban kecelakaan dan tentunya tidak akan dintindak petugas," tutupnya.

Editor: Yudha