Peringatan Sumpah Pemuda, Rudi Ajak Generasi Muda Manfaatkan Tehnologi untuk Perkembangan Batam
Oleh : Nando Sirait
Senin | 28-10-2019 | 12:28 WIB
upacara-sumpah-pemuda.jpg
Upacara memperingati Sumpah Pemuda. (Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Walikota Batam Muhammad Rudi meminta agar seluruh pemuda dan pemudi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam berperan serta ambil bagian mendorong pertumbuhan Batam sebagai tujuan investasi di Indonesia.

Hal ini disampaikan Rudi saat memimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Dataran Engku Putri, Batam Center, Senin (28/10/2019) pagi. Pelaksanaan upacara sendiri berlangsung hidmat, dan diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Batam.

Rudi mengingatkan, mengenai pelaksanaan Sumpah Pemuda di tahun 2019 yang mengambil tema 'Bersatu Kita Maju', harusnya dimaknai dengan melanjutkan perjuangan para pemuda di era perjuangan, yang ingin menwujudkan cita-cita bangsa dengan mempertahankan persatuan.

"Tema ini diambil guna menegaskan komitmen para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa," paparnya.

Rudi menambahkan, peran pemuda dalam memajukan Bangsa Indonesia dinilai sangat vital. Terutama dengan perkembangan tehnologi yang semakin berkembang saat ini, walau perkembangan ekonomi yang dimaksud juga diibaratkan seperti dua mata pisau, yang tidak dapat dipungkiri memiliki dampak yang negatif.

"Pada sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme," lanjutnya.

Hal ini menurutnya menjadi tantangan tersendiri bagi para pemuda di era milenial. Dimana para pemuda harus dapat bersaing dalam bentuk apapun, dalam hal yang positif.

Rudi mengharapkan agar para pemuda di lingkungan Pemko Batam sendiri harus maju dan berani menaklukan dunia, dan juga memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Editor: Chandra