Hujan 2 Jam, Jalan di Sekitar Masjid SMRS Tanjunguncang Banjir
Oleh : Hendra
Sabtu | 26-10-2019 | 17:28 WIB
banjir-tju.jpg
Banjir di Jalan Brigjen Katamso, Batuaji sekitar Masjid SRMS Tanjunguncang banjir saat hujan, Sabtu (26/10/2019). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua jam hujan lebat, kawasan Batuaji di sekitar pembangunan Box Culver, Jalan Brigjen Katamso tak jauh dari Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Tanjunguncang langsung mendadak banjir, Sabtu (26/10/2019).

Hujan deras diselingi petir seketika membuat air cepat menggenangi jalan. Walau setelah itu hujan reda, namun air setinggi lutut orang dewasa masih menggenangi ruas jalan yang saat ini sedang ada pengerjaan proyek Box Culver.

Tak ayal truk, pick up, mobil pribadi serta sepeda motor yang nekat menembus genangan air mengalami kendala saat melintasi genangan.

Beberapa kendaraan roda empat maupun roda dua ada yang mogok mendadak. Mesin kendaraan mati seketika saat melintasi banjir. "Mobil saya mogok, tiba-tiba mati saja mesinnya," terang Antoni supir Lori BP 8365 ZE.

Di tempat yang sama, Agung pengendara sepeda motor roda dua mengalami hal yang sama. Saat melintasi genangan air, tiba-tiba mesinnya seketika mendadak mati. "Mau tak mau harus didorong motornya. Busi motor saya kemasukan air, harus dikeringkan terlebih dahulu ini," terangnya.

Melihat hal ini, beberapa pengendara memilih untuk menepi dan tidak melintasi genangan air karena terlalu beresiko jika dipaksakan.

Disebutkan penyebab genangan air begitu tinggi di kawasan Jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang, karena adanya proyek pemasangan saluran drainase induk, anggaran dari Dinas Bina Marga dan sumber Daya Air Kota Batam tahun 2019.

Anggaran proyeksebesar Rp 2,8 miliar ini dikerjakan oleh PT Pulau Samosir Sakti Perkasa dengan lama pengerjaan 150 hari kalender. "Proyek ini dilakukan meminimalisir adanya banjir di jalan Brigjend Katamso," ucap Kepala Dinas Bina Marga Kota Batam, Yumasnur beberapa waktu lalu.

Meski begitu, proyek belum kelar namun banjir telah datang menggenang. Bahkan tak hanya di satu titik, di kawasan lain juga disebutkan mengalami banjir.

Seperti kawasan dalam Latrade Industrial Tanjunguncang, Batuaji dan kawasan sekitar pasar Kampung Becek, Sagulung.

Editor: Gokli