Sering Disalahgunakan, Perbaikan CCTV Jembatan I Barelang Mendesak
Oleh : Hendra Mahyudi
Sabtu | 26-10-2019 | 12:04 WIB
JEMBATAN_BARELANG1.jpg
Jembatan Barelang. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah menjadi rahasia umum, kalau Jembatan Tengku Fisabilillah --atau yang dikenal dengan Jembatan I Barelang, sering disalahgunakan.

Selain tempat untuk menikmati keindahan alam, Jembatan Tengku Fisabilillah juga merupakan sarana bagi remaja untuk berpacaran. Bahkan, tragisnya, lokasi ini juga menjadi saksi bisu aksi bunuh diri yang tak terhitung lagi.

Terakhir, Senin (14/10/2019) lalu, masyarakat dikejutkan dengan aksi bunuh diri seorang transgender perempuan (transpuan) bernama Juandi Saragih (33). Juandi melompat dari jembatan dan hingga kini jasadnya masih belum ditemukan.

Menanggapi kejadian ini, dan juga tentang pengamanan di sekitar khususnya non-personil. Kapolsek Sagulung, AKP Riyanto mengatakan perbaikan CCTv di area jembatan memang sangat diperlukan.

"Ini harus menjadi atensi, karena bersifat urgensi." ujar Riyanto, Sabtu (26/10/2019) pagi.

Kegelisahan Riyanto pada dasarnya sama dengan tanggapan sebagian warga. Pada dasarnya lokasi tersebut adalah pusat keramaian, sementara tingginya jembatan jika diukur kurang-lebih 48 meter.

"Tentu setiap kejadian di sana tidak ter-cover secara keseluruhan oleh mata. Karena batas pandang mata kita. Makanya ada CCTv bisa membantu melihat setiap kejadian," pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya pernah diberitakan. CCTv di Jembatan Tengku Fisabilillah disebutkan rusak pasca disambar petir. Kerusakan ini telah lebih 7 bulan. Sudah seharusnya pemerintah mulai memperhatikan.

Editor: Yudha