Pertama dalam Sejarah, 2 Astronot Perempuan Lakukan Spacewalk di Antariksa
Oleh : Redaksi
Sabtu | 19-10-2019 | 09:53 WIB
astronot1.jpg
Salah satu astronot perempuan Amerika. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua astronot perempuan Amerika Serikat, Christina Koch dan Jessica Meir, mencatat sejarah pada Jumat (18/10/2019) ketika mereka secara bersamaan meluncur keluar dari stasiun antariksa internasional (ISS).

Itu adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah dua orang perempuan secara bersamaan melakukan spacewalk atau melayang bebas di luar angkasa, demikian diwartakan Reuters.

Koch dan Meir melayang di ketinggian 408 di atas permukaan Bumi untuk memperbaiki komponen listrik pada ISS. Misi keduanya diperkirakan berlangsung selama 5 jam.

Badan antariksa AS pada Maret lalu sempat berencana mengirim dua astronot perempuan untuk melakukan spacewalk. Tetapi rencana itu batal diwujudkan karena baju antariksa tidak pas dengan tubuh salah satu astronot.

Astronot di ISS, sejak stasiun itu beroperasi pada tahun 2000, telah melakukan 221 spacewalk. Sebanyak 43 spacewalk melibatkan astronot perempuan.

Koch sendiri rencananya akan menjadi astronot perempuan yang menetap paling lama di ISS. Ia baru akan pulang ke Bumi pada Februari 2020.

Sumber: Suara.com
Editor: Chandra