Bakamla RI Resmikan Tiga Kapal Patroli Baru di Batam
Oleh : Putra Gema
Jum\'at | 18-10-2019 | 10:28 WIB
007_kapal_bakamla01.jpg
Peresmian 3 kapal patroli Bakamla di Batam. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) Laksamana Madya A Taufiq R meresmikan tiga Kapal Negara (KN) milik Bakamla. Peresmian 3 kapal Bakamla ini berlangsung di galangan kapal PT Citra Shipyar, Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Batam, Jumat (18/10/2019).

Tiga unit Kapal Negara (KN) baru yang merupakan karya anak bangsa, yakni KN Pulau Nipah-321, KN Pulau, Marore-322 dan KN Pulau Dana-323. Ketiganya secara resmi masuk ke jajaran Bakamla RI yang kini dikenal dengan sebutan Indonesian Coast Guard (IDNCG).

Taufiq mengatakan, tiga kapal Bakamla ini akan ditugaskan di tiga wilayah laut RI yang berbeda. Penambahan ini akan meningkatkan kekuatan, keamanan dan keselamatan laut di wilayah yurisdiksi Indonesia.

"KN Pulau Nipah-321 akan ditugaskan mengabdi di wilayah Zona Barat (Batam), KN Pulau Marore-322 ditugaskan memperkuat jajaran Zona Tengah di Manado dan KN Pulau Dana-323 ditugaskan untuk memperkuat jajaran Zona Timur, berkedudukan di Ambon," kata Taufiq di Batam.

Dijelaskannya, masing-masing KN tersebut memiliki panjang 80 meter, lebar 7.90 meter, tinggi 14.4 meter, kecepatan hingga mencapai 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/2862LE433. Konstruksi kapal baru ini terbuat dari bahan baja.

Ketiga kapal ini pun dikomandani oleh Letkol Bakamla Andris Benhard sebagai Komandan KN Pulau Nipah 321, Letkol Bakamla Raden Haryo Wiji sebagai Komandan KN Pulau Marore 322, dan Letkol Bakamla Hananto Widhi sebagai Komandan KN Pulau Dana 323.

Ketiga Kapal Bakamla ini merupakan karya anak bangsa, yang dikejakan di galangan kapal PT Citra Shipyard.

Dengan hadirnya ketiga kapal ini, juga menjadi bagian penting dalam mendukung terwujudnya negara Indonesia sebagai poros maritim dunia. "Ini Kapal berjenis patroli terbaik menurut saya, saya sangat puas. Tetapi untuk perlengkapan senjata sendiri akan kami lengkapkan seiring waktu," tegasnya.

Editor: Gokli