Angkot Parkir Sebarangan di Pinggir Jalan Picu Kemacetan di Mukakuning
Oleh : Hendra
Kamis | 17-10-2019 | 12:28 WIB
angkot-nakal.jpg
Angkot parkir sembarang di kawasan Mukakuning, Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Angkutan kota (angkot) parkir dan ngetem sembarangan di kawasan Mukakuning, persis dekat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) depan Plaza Batamindo, disinyalir jadi penyebab macet setiap pagi di kawasan padat pekerja tersebut.

Menurut Bambang (27) seorang pekerja sekitar kawasan Batamindo Industrial Park, banyaknya angkot seperti Carry dan Bimbar yang ngetem sembarangan di badan jalan membuat arus lalulintas sekitar jalan tersebut, mendadak macet seketika.

"Pagi paling sering macet, pas kita dari Batam Center ke Sagulung-Batuaji sana. Tiga sampai empat angkot kadang parkir gitu aja di badan jalan," ujar pria berkacamata tersebut, Kamis (17/10/2019).

Senanda dengan Bambang, Intan Nababan (22) pekerja di kawasan Plaza Batam mengatakan seringnya angkot ngetem sembarangan setiap jam sibuk pagi, telah sering menjadi keluhan pengendara lainnya.

Menurutnya harus ada efek jera terhadap pengemudi angkot tersebut. "Apalagi kawasan ini sibuk lalulalang pekerja setiap paginya, dan dekat pos lalulintas kepolisian juga. Kadang butuh tindakan tegas untuk hal ini," ungkapnya.

Diketahui kawasan Jalan Raya Kasamala, persis depan Plaza Batamindo tersebut setiap harinya memang jalur padat lalulintas pekerja setiap pagi dan sore harinya. Dengan adanya angkutan umum yang terkadang suka parkir dan ngetem cukup lama di sekitar area tersebut kadang membuat jalur mendadak macet seketika.

Editor: Gokli