Pertemuan dengan Wapres, Rudi Akui Bahas Revitalisasi Pelabuhan Batuampar
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 17-10-2019 | 09:16 WIB
walikota-rudi3.jpg
Ex-oficio Kepala BP Batam, M Rudi. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sempat berdiam diri setelah melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (14/10/2019) sore kemarin. Akhirnya Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mulai angkat bicara.

Walau begitu, dalam kesempatan yang sama Rudi sempat melontarkan ada beberapa pesan pribadi dari Wapres yang tidak dapat disampaikan ke publik.

"Ada pesan khusus dari beliau, tapi itu untuk saya pribadi," tegasnya, Rabu (16/10/2019) setelah menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Batam.

Adanya pertemuan bersama Wapres sendiri, menurutnya lebih banyak membahas mengenai perkembangan revitalisasi Pelabuhan Batuampar, yang digadang-gadang sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Batam.

Mengenai hal ini, Rudi menuturkan saat ini tengah menunggu hasil keputusan dari Kementerian Keuangan. Penunjukkan Pelindo II sebagai pelaksana pembangunan, penunjukkan dapat memangkas waktu apabila dibandingkan dengan proyek melalui sistem tender.

"Kita sedang tunggu petunjuk Kementerian Keuangan, agar Pelindo II dapat segera melakukan revitalisasi. Kita tidak akan buka tender, karena hal itu akan memakan waktu lama," ungkapnya.

Adanya revitalisasi yang dimaksud, seperti adanya pembongkaran infrastruktur di kawasan Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar saat ini. Untuk beberapa peralatan pendukung, akan segera diganti.

Rudi optimis perbaikan Pelabuhan Batuampar dapat dilakukan dalam waktu empat bulan kedepan setealah di tetapkan dirinya sebagai ex-oficio Kepala BP Batam.

Editor: Chandra