Tekan Angka Penyelundupan, Danlantamal IV Usulkan Penambahan Alat Pengawasan
Oleh : Putra Gema
Selasa | 08-10-2019 | 11:16 WIB
007_Arsyad-Abdullah-01.jpg
Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah

BATAMTODAY.COM, Batam - Demi menekan angka penyelundupan di perairan Kepulauan Riau, Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah mengusulkan penambahan alat canggih di beberapa titik strategis wilayah Kepri.

Usulan tersebut disampaikan langsung kepada Sekjen Kementerian Pertahanan, Laksdya TNI Agus Setiadji, saat berkunjung ke Pulau Nipa, Kepulauan Riau, yang merupakan pulau terdepan berbasis pertahanan, Selasa (20/8/2019) lalu.

"Kita ada peralatan sistem pengawasan maritim di Pulau Nipa, dalam kunjungan Sekjen Kementerian Pertahanan. Saya mengusulkan untuk menambah di beberapa titik lagi," kata Arsyad di sela-sela penanaman bibi mangrove di Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Senin (7/10/2019).

Ia menjelaskan, ke depan, lima lokasi pengawasan maritim yang dapat mengawasi seluruh Selat Malaka dan Selat Singapura akan dilengkapi dengan perlengkapan radar, Automatic Identification System (AIS) dan juga kamera jarak jauh.

"Beberapa peralatan ini sangat dibutuhkan apabila ada beberapa kapal yang tidak terdeteksi AIS, jadi kita bisa tetap memantau pergerakannya," ungkapnya.

Selain itu, di hari HUT TNI ke-74 ini pihaknya pun akan terus meningkatkan kemampuan dan profesionalitas TNI serta kerjasama TNI-Polri dalam menjaga keamanan garis terdepan NKRI.

Editor: Gokli