Warga Batam, Ayo Nikmati Lomba Kiau di Kecamatan Belakangpadang
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 14-08-2019 | 11:40 WIB
blpn-HUT-RI.jpg
Lomba kiau dan boat pancung 40 PK di Kecamatan Belakangpadang menyambut HUT RI ke-74. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peringatan HUT RI ke-74 di Kecamatan Belakangpadang diperkirakan akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya tidak hanya menggelar permainan rakyat seperti panjat pinang, hingga perang bantal, namun dalam peringatan kali ini juga akan digelar lomba kiau dan juga lomba boat pancung 40 PK.

Camat Belakangpadang, Yudi Admaji mengatakan, ada lomba kiau dan lomba boat pancung 40 PK merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan pada tahun 2019.

Yudi menjelasakan, perlombaan kiau merupakan perlombaan sampan dayung tradisional yang masih cukup banyak digunakan masyarakat pulau di Kecamatan Belakangpadang. Sampan kiau ini biasa dimanfaatkan masyarakat untuk menangkap ikan di perairan sekitar pulau.

"Lomba ini akan kita gelar di depan Dataran Elang Laut pada 16 Agustus. Lomba Kiau mulai pukul 10.00 WIB, sedangkan lomba boat 40 PK mulai pukul 14.00 WIB," jelasnya, Rabu (14/08/2019).

Sedangkan untuk boat pancung 40 PK, dibagi dalam kategori boat dari kayu maupun fiber dan biasa digunakan untuk mengangkut penumpang dari Pulau Belakangpadang ke pulau utama Batam.

Yudi melanjutkan, pada hari yang sama juga akan dilaksanakan karnaval serta permainan rakyat. Untuk permainan rakyat berlangsung sejak 15 Agustus sampai hari H peringatan HUT RI.

Di antaranya, panjat pinang di laut, tarik tambang, dan pukul bantal. Serta akan ada kegiatan dari Polsek Belakangpadang, pembentukan formasi 74 oleh pengemudi pancung di depan Pulau Sambu.

Perlombaan lain yang akan digelar, yakni gerak jalan dan sampan layar. Keduanya digelar seusai upacara bendera, Sabtu (17/08/2019).

Kegiatan sendiri dilanjutkan hingga Minggu (18/08/2019) sore. Dengan pertandingan lomba sepak bola mini di Lapangan Indra Sakti. Dan malam harinya, sekitar pukul 19.30 WIB akan diadakan lomba joget lambak dan pop yeye.

Lomba joget lambak dan pop yeye akan digelar dua hari, dari 18-19 Agustus. Perayaan HUT RI di Belakangpadang akan berlangsung hingga September.

"Selain itu ada lomba lain seperti bola voli dan takraw. Total keseluruhan hadiah Rp 91 juta," paparnya.

Editor: Gokli