Besok, Menko Darmin Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan MRO Lion Air
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 13-08-2019 | 18:05 WIB
suwarso112.jpg
Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi direncanakan akan melakukan peletakan baru pertama pembangunan Maintenance, Repair, dan Overhaul (MRO) milik Maskapai Lion Air di Bandara Internasional Hang Nadim, Rabu (14/8/2019) besok.

"Tapi ini masih informasi awal yang kami terima, kita lihat besok pada saat pelaksanaan kegiatan," ujar Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso saat ditemui di Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (13/08/2019).

Suwarso melanjutkan, Maskapai Lion Air memiliki perjanjian sewa lahan dengan BP Batam hingga 2063 mendatang. Dimana sejak dimanfaatkan sejak 2012 lalu, Liun Air diketahui telah mengembangkan total 8 hektar lahan untuk operasional MRO yang khusus menangani pesawat berjenis Boeing.

Dalam tahapannya pengembangan MRO ini, rencananya akan memakan luas lahan hingga 24 hektar dari 1.762 hektar luas bandara dan dilakukan secara bertahap.

Namun ada yang berbeda dalam pengembangan lahan MRO milik Lion Air, dimana sebelumnya Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady juga menyampaikan bahwa pengembangan lahan akan dilakukan bersama dengan Garuda Indonesia.

"Sudah ada MoU antara kedua maskapai, tapi seperti apa itu mungkin bisa langsung ditanyakan kepada mereka. Yang kami tahu mungkin nanti di lahan baru itu, untuk Lion tetap menangani tipe Boeing, sementara Garuda mungkin menangani tipe Airbus. Yang pasti satu tempat bisa dua fungsi," lanjutnya.

Editor: Yudha