Sekda Batam Belum Tahu Soal Wacana PNS Bisa Kerja dari Rumah
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 09-08-2019 | 17:18 WIB
jefridin111.jpg
Sekertaris Daerah Pemko Batam, Jefridin. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam era teknologi ini, Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali mendapatkan angin segar. Hal ini karena Pemerintah pusat telah mewancanakan agar para PNS (yang menguasai IT) nantinya dapat bekerja dari rumah.

Namun, wacana ini belum sampai ke kalangan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam. Hal ini diungkapkan langsung oleh Sekertaris Daerah Pemko Batam, Jefridin ketika dihubungi BATAMTODAY.COM melalui telepon selulernya, Jumat (9/8/2019).

"Saya belum dapat informasi terkait isu itu," kata Jefridin.

Dirinya menjelaskan, wancana PNS tersebut dinilai tidak masuk akal karena nantinya akan bermasalah dengan para pegawai lapangan yang langsung bertatap muka dengan masyarakat.

"Tidak masuk akal kerja dirumah, misal PNS guru masak ngajar dari rumah, terus orang kesahatan kerja di rumah, nanti puskesmas dan rumah sakit siapa yang jaga," tegasnya.

Namun, hingga saat ini pihaknya masih menunggu informasi resmi dari pemerintahan pusat terkait wancana para PNS yang nantinya dapat bekerja dari rumah.

"Biasanya ada surat edaran, tapi kalau undang-undang seperti itu kita akan ikuti," tutupnya.

Untuk diketahui, Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan saat ini pihaknya sedang mendesain sistem kerja PNS di kementerian dan lembaga agar bisa meniru gaya perusahaan rintisan atau startup.

Karena hal itu, Wangsa mengungkapkan bahwa ke depan PNS akan memiliki fleksibilitas kerja. Hal tersebut merupakan salah satu indikator birokrasi yang ditetapkan pihaknya.

"Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana," kata Wangsa dalam Forum Merdeka Barat di Auditorium KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Ketika memiliki pemahaman mengenai pemanfaatan IT, pihaknya pun yakin akan terjadi percepatan, efisiensi, dan akurasi pelayanan, serta berdampak sosial.

"Kami yakin mereka (PNS yang menguasai IT) adalah tulang punggung kita ke depan. Fleksibilitas ini masuk dalam indikator birokrasi," tutupnya.

Editor: Yudha