Tim Terpadu Gusur Kios Liar di Simpang Mandalay Sagulung
Oleh : Hendra
Kamis | 25-07-2019 | 12:40 WIB
robohkan-kios-mandalay.jpg
Tim Terpadu Kecamatan Sagulung saat membongkar paksa kios liar di Mandalay, Kamis (25/7/2019). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan kios liar di area Simpang Mandalay, Kecamatan Sagulung akhirnya dibongkar paksa oleh Tim Terpadu, Kamis (25/7/2019).

Diketahui, pembongkaran puluhan kios liar yang berjejer di pinggir jalan Simpang Mandalay menuju Dapur 12 itu dilakukan untuk program pengembangan jalan dan sarana drainase di sekitar area.

Pun sebelum pembongkaran, upaya pendekatan dan peringatan kepada pemilik kios liar telah dilakukan, hanya saja beberapa pedagang masih banyak yang tidak mengindahkan peringatan tersebut.

Pantuan BATAMTODAY.COM di lokasi pembongkaran, terdapat 40 lebih unit kios liar yang dibongkar paksa, setelah sebelumnya pada Rabu (24/7/2019) kemarin, beberapa pemilik kios berinisiatif melakukan pembongkaran sendiri.

Ketika pembongkaran dimulai, memang ada penolakan dan perlawanan dari beberapa pemilik kios, kendati begitu pembongkaran tetap berjalan berkat tim terpadu gabungan Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Ditpam BP Batam.

"Sudah dari jauh-jauh hari kami sampaikan supaya pindah cari tempat usaha lain yang layak. Hari ini tak ada toleransi karena prosedur pendekatan sudah kami lakukan sebelumnya. Ini untuk kepentingan umum jadi mohon pengertianya," ujar Camat Sagulung, Reza Khadafi kepada pemilik kios yang melarang bangunan mereka dibongkar.

Sementara itu, di lokasi pembongkaran, Reza mengatakan, terdapat beberapa kios dengan kondisi semi permanen. Sehingga untuk bangunan semi permanen, pembongkaran disebutkan akan dilakukan dengan alat berat.

"Semua akan dibongkar. Target hari ini satu kilometer dari area pembongkaran awal," pungkasnya Reza kepada BATAMTODAY.COM, Kamis.

Editor: Gokli