Pembongkaran Dua Posko Ormas di Sagulung Tunggu Kesiapan Personel Satpol PP
Oleh : Hendra
Jum\'at | 05-07-2019 | 13:40 WIB
sagulung_ormas.jpg
Posko bangunan ormas di Kecamatan, Sagulung, Batam (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rencana penertiban dua posko milik organisasi massa (Ormas) di Kecamatan Sagulung masih belum berjalan. Sejauh ini, pihak Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Kecamatan Sagulung mengaku masih menunggu kesiapan personel Satpol PP Kota Batam.

"Kita malah menunggu kesiapan dari pihak Satpol PP Kota Batam. Bahkan kita malah menunggu mereka hari ini," ujar Jamil, Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Sagulung, saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (4/7/2019) kemarin.

Jamil mengakui, sebelumnya Ormas tersebut memang telah memohon untuk membangun posko organisasi mereka, namun hal ini ditentang oleh warga perumahan Air Mas, warga komplain duluan karena adanya posko yang dibangun persis di depan jalur utama atau jalur penghijauan kawasan mereka.

"Sebelum mereka melayangkan surat permohonan, warga perumahan Air Mas sudah duluan komplain dengan bangunan posko yabg dibangun di jalur utama. Sekarang kita hanya akan membongkar jika tak dibongkar mereka," lanjutnya.

Karena atas dasar keinginan masyarakat, maka pihak kecamatan memilih untuk melakukan pembongkaran jika pihak ormas tersebut tidak membongkar sendiri.

"Penertiban itu tetap kita lakukan. Mungkin besok atau lusa. Jadi yang jelas, posko atau kios tak bisa berdiri diatas jalur hijau apalagi jalur utama," tegasnya.

Sementara, Sekretaris Satpol PP kota Batam, Fried Kalter Pardede mengatakan, pihak kecamatan Sagulung memang telah mengajukan tebusan ke Satpol PP kota. Ia katakan, apabila pihak kecamatan meminta untuk penambahan anggota, maka pihaknya siap turun.

"Saat ini surat peringatan sudah sampai ke kita. Namun keputusan untuk melakukan penertiban posko itu tetap di pihak Kecamatan. Jadi kita menunggu intruksi, apabila mereka meminta penambahan personel, kita siap turunkan," pungkasnya.

Edtor: Surya