Ziarah ke Makam Pahlawan, Wakapolda Kepri Jabarkan Makna Pahlawan di Masa Modern
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 03-07-2019 | 14:30 WIB
wakapolda-kepri-yan.JPG
Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah (kiri) dan Kapolresta Barelang Kombes Hengki. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73, Polda Kepri mengadakan dua rangkaian kegiatan di dua tempat berbeda. Salah satunya, ziarah dan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang, yang berada di Jalan Raya Letjend Suprapto, Bukit Tempayan, Batuaji Batam.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa (2/7/2019) sekitar pukul 08:00 WIB pagi ini, dihadiri oleh Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah yang hadir bersama istrinya dan juga turut segenap Kapolsek di setiap Kecamatan di kota Batam.

Pada sesi wawancara dengan awak media, Wakapolda mengatakan, ziarah ke makam pahlawan merupakan cara nyata untuk terus mengenang dan menghargai jasa-jasa mereka.

Sementara itu baginya pribadi, pahlawan itu sendiri ialah suatu sikap yang ditunjukkan oleh seseorang dalam rangka mengorbankan jiwa, raga dan pemikiran demi suatu tujuan yang besar khalayak umum.

"Makna pahlawan bagi saya adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh seseorang dalam rangka memberikan suatu bentuk pengorbanan, demi mencapai suatu tujuan yang besar. Tentunya demi kepetingan masyarakat banyak," ujarnya, Selasa (2/7/2019) kemarin.

Dalam hal ini pahlawan-pahlawan kita teah mengorbankan harta benda, nyawa dan segala demi mencapai kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Termasuk di dalamnya pada zaman sekarang, pahlawan-pahlawan era modern yang telah mengorbankan waktu mereka untuk menjaga kebhinekaan dan mempertahankan nilai-nilai kesatuan dan persatuan khususnya empat pilar kebangsaan.

"Juga para ahli di bidang tertentu, para pemikir-pemikir bangsa, mereka juga adalah pahlawan-pahlawan jaman modern. Selain itu, juga tindakan dan sikap seseorang dalam menyikapi hal-hal demi persatuan dan kesatuan bangsa," pungkasnya.

Editor: Dardani