Tingkatkan PAD Batam, Amsakar Minta OPD Penghasil Buat Terobosan Baru
Oleh : Nando Sirait
Senin | 24-06-2019 | 11:28 WIB
naikkan-pad-batam.jpg
Wakil Wali Kota Batam, Masakar Achmad. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan pihaknya selalu meminta dinas penghasil membuat design yang tepat agar bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Menyusul di pertengahan tahun 2019, pajak dan retribusi daerah Kota Batam belum capai 50 persen.

Adapun dina penghasil yang dimaksud, seperti Dinas Perhubungan, BPM PTSP, Disperindag, dan lainnya. Sehingga bisa membuat terobosan-terobosan untuk peningkatan PAD.

Amsakar mengatakan, untuk pajak daerah lebih meningkat ketimbang retribusi. Ada beberapa sektor dinas yang memang harus digenjot lebih baik lagi.

"Tekad kita retribusi dari waktu ke waktu meningkat. Yang kita harapkan bisa meningkat lebih baik dari hari ini. Kalau pajak daerah alhamdulliah rata-rata naik. Retribusi inilah yang harus kita genjot. Kita selalu meminta dinas penghasil membuat design yang tepat agar bisa melakukan terobosan-terobosan untuk peningakatan PAD," kata Amsakar, Senin (24/06/2019).

Amsakar menambahkan, apabila PAD naik, maka semakin banyak pula kebijakan yang bisa dibuat Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk memajukan Batam. Baik dari infrastruktur maupun bidang lainnya.

"Kalau hari ini infrastruktur dana PIK kita bisa gelenontorkan Rp 1,3 triliun, APBD kita bisa lebih sampai Rp 1,5 - 2 miliar. Tekad kami selesai posisi kami infrastruktur baik keadaan makro atau mikro dapat terselesaikan," katanya.

Ia menambahkan perlu memang sejumlah sektor semakin digenjot, misalnya Dinas Perhubungan, BP2RD dan lain sebagainya.

Editor: Gokli