Progres Pembangunan Masjid Agung II Batam Capai 80 Persen
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 23-05-2019 | 17:04 WIB
masjid-agung-batuaji1.jpg
Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung II Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar mengatakan, pembangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung II Batam di Batuaji sudah mencapai 80 persen.

"Untuk progres sudah rampung sekitar 80 persen. Sementara ini sedang pengerjaan kubah bagian puncaknya, sekaligus dengan menara masjid," ujar Suhar, Kamis (23/5/2019).

Ia berharap dalam kurun waktu dua bulan, kubah dan menara masjid sudah selesai dibangun. Ditargetkan pada bulan Agustus telah rampung dan bisa diadakan ujicoba terlebih dahulu selama sebulan.

"Sementara ini, untuk kegiatan peribadahan seperti shalat dan lainya, masih belum bisa dilaksanakan sebab pengerjaan masih berjalan," jelasnya.

Diketahui, Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah ini diproyeksikan menjadi kegiatan peribadahan umat Islam terbesar se-Sumatera dan juga wisata religi bagi warga sekitar maupun wisatawan manca negara.

"Untuk kegiatan peribadahan sudah jelas. Namun perencanannya akan dibuka untuk masyarakat umum sebagai wisata religi, karena ada beberapa yang menjadi daya tarik nantinya, seperti payung membran yang menyerupai Masjid Nabawi, Madinah," terangnya.

Untuk hal tersebut, setiap payung memiliki ukuran 25×25 meter, dan akan ada delapan unit payung. Bagian utama masjid ini dibangun tanpa kolom dengan konstruksi space frame. Masjid juga dilengkapi dengan menara dengan ketinggian mencapai 99 meter, menggunakan lift, sehingga warga bisa melihat pemandangan kota Batam dari ketinggian.

Masjid dibangun dan dikembangkan dengan tujuan multi-fungsi. Di mana fasilitasnya ini tidak hanya dinikmati oleh umat muslim, karena kawasan area luar masjid masih bisa diakses bagi umat beragama lain.

"Hanya untuk ruangan solat dikhususkan bagi umat muslim saja," pungkasnya.

Editor: Yudha