Atasi Banjir, Dinas Bina Marga Perbaiki Tata Kelola Drainase di Batuaji
Oleh : Hendra Mahyudi
Senin | 20-05-2019 | 14:52 WIB
perbaikan-drainase-batuaji1.jpg
Perbaikan drainase di Jalan Letjend R. Suprapto Batuaji. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mulai tingginya volume hujan di wilayah Kecamatan Batuaji membuat beberapa ruas jalan menjadi banjir. Seperti yang terjadi di Jalan Letjend R. Suprapto, depan pasar Melayu, beberapa waktu yang lalu.

Banjir cukup tinggi terjadi dikarenakan tata kelola drainase yang tidak sempurna dan tidak sanggup menampung volume air.

Karena hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia melalui Dinas Bina Marga Kota Batam mulai membangun gorong-gorong dan sebuah box culvert di badan Jalan Letjend R Suprapto depan Pasar Melayu, Batuaji, sejak beberapa minggu yang lalu.

Pantauan BATAMTODAY.COM, Senin (20/5/2019) di lokasi pembangunan, terlihat sejumlah pekerja dan alat berat sedang melakukan proses pembangunan.

Kepala Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur kepada awak media mengatakan, proses pengerjaan telah sedang berlangsung, di beberapa bagian gorong-gorong saat ini telah ditempatkan box curvert.

Ia katakan, pembangunan ini merupakan cara dari pemerintah untuk menimalisir terjadinya banjir. Hal ini diketahui karena selama ini ukuran gorong-gorong di Jalan Letjend R Suprapto yang berada tepat di depan pasar melayu Batuaji tersebut terlalu kecil. Sehingga ketika hujan turun deras membuat air meluap dari dalam drainase ke badan jalan.

"Maka dari pada itu untuk mengantisipasi agar banjir tidak berkelanjutan di lokasi tersebut, kita membangun normalisasi gorong-gorong agar memiliki daya tampung yang lebih besar," terangnya.

Editor: Yudha