Malam Ini, 2.292 Kotak Suara Kecamatan Batam Kota Dikembalikan ke KPU
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Minggu | 05-05-2019 | 22:15 WIB
kotak-suara-batam2.jpg
Proses Pemasukan Kotak Suara Pemilu PPK Batam Kota ke dalam kontainer. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batam Kota mulai melaksanakan pengembalian logistik kotak dan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam.

Pengembalian logistik kotak dan surat suara Pemilu serentak ini mulai dilaksanakan PPK Batam Kota pada pukul 15.00 WIB dan hingga malam hari.

Ketua PPK Batam Kota, Irwansyah saat ditemui di Gor Bandara, Botania I mengatakan, sebanyak 2292 kotak suara dari 468 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kecamatan Batam Kota akan dikembalikan kepada KPU Batam hari ini.

"2.292 kotak suara tersebut akan kami kembalikan semuanya malam ini, pengembalian ini sudah sesuai dengan penetapan KPU Batam yang mana sudah harus selesai hari ini," kata Irwansyah, Minggu (5/5/2019).

Irwansyah melanjutkan, pengembalian 2292 kotak suara ke KPU Batam ini pun menggunakan empat kontainer. "Masing-masing kontainer lebih kurang bisa mengangkut 578 kotak suara sudah termasuk aksesoris bilik suara," ujarnya.

Ketua PPK Batam itu juga mengapresiasi pihak keamanan gabungan yang terdiri dari Polri, TNI bersenjata serta Panwas, Bawasalu dan pihak-pihak terkait lainnya dalam mengawal pemulangan logistik Pemilu 2019 di PPK Batam Kota, hingga pukul 21.36 WIB.

Di waktu yang bersamaan, Kapolsek Batam Kota, AKP Ricky Firmansyah mengatakan, sampai dengan saat ini, sebanyak tiga kontainer sudah terisi dengan perlengkapan logistik Pemilu yang akan dikembalikan ke KPU Batam.

"Pengawalan ini juga bentuk sinergritas TNI Polri dalam mengamankan Pemilu. Dalam pemulangannya pun, empat kontainer ini rencananya akan diberangkatkan secara serentak dan akan dikawal oleh Polsek Batam Kota serta Polresta Barelang," ujarnya.

Lanjut Ricky, dirinya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap mempercayakan pengamanan pengembalian logistik ini kepada pihak kepolisian.

"Karena dari awalnya tugas kami bukan hanya mengawal pelaksanaan Pemilu, namun juga mengawal pendistribusian maupun pemulangan perlengkapan logistik," lanjutnya.

Kapolsek juga turut memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah bersinergi dengan pihak kepolisian karena telah membantu pihak kepolisian dalam menciptakan situasi pemilu yang aman di Kota Batam, khususnya di Kecamatan Batam Kota.

Editor: Dardani