Warga Taman Yasmin Kebun Hentikan Paksa Pengerjaan Proyek Pembukaan Lahan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 04-05-2019 | 11:40 WIB
alat-berat1.jpg
Ratusan Warga Taman Yasmin Kebun Tutup Hentikan Paksa Pengerjaan Pembukaan Lahan. (Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan masyarakat RT 03/RW 14 Taman Yasmin Kebun, Kelurahan Batubesar, Kecamatan Nongsa, menghentian paksa pengerjaan proyek pembukaan lahan 1000 kavling di wilayah setempat.

Pasalnya, warga mulai diresahakan dengan aktivitas penimbunan lahan untuk kavling yang dilakukan oleh pengembang atas nama PT Kayla Alam Sentosa. Kericuhan ini, sudah terjadi sejak 24 MAret 2019 lalu, dan puncaknya hari ini, Sabtu (4/5/2019).

Ketua tim 23, Fredy Tambunan mengatakan, pembukaan lahan ini pada awalnya dikerjakan untuk pembangunan jalan menuju kawasan perumahan Bukit Citra Lestari. Namun semakin berjalannya waktu, pembukaan lahan yang berawal dari izinnya untuk pembangunan jalan malah berganti menjadi pembangunan lahan kavling.

"Pembukaan lahan ini tidak memiliki izin, 350 Kartu Keluarga di kawasan ini tidak pernah mendapatkan surat himbauan dari perusahaan," kata Fredy saat ditemui di lokasi.

Dijelaskan, dalam pembangunan tersebut, kurang lebih 10 hektare tanah milik warga memasuki denah pembangunan pembukaan lahan tanpa seizin warga.

"Dari segi perizinan warga yang memiliki lahan saja sudah kelihatan legalitas perusahaan itu bermasalah, makanya kami hentikan," ujarnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, ratusan masyarakat RT 03, RW 14, Taman Yasmin Kebun, Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa melakukan aksi penutupan akses jalan pengerjaan pembukaan lahan.

Selain itu, beberapa alat berat yang digunakan untuk pembukaan lahan pun turut dihentikan agar tidak melanjutkan pengerjaan proyek pembukaan lahan tersebut.

Hingga berita diunggah, juga belum terlihat adanya pihak kepolisian untuk mengamankan situasi di lokasi.

Editor: Chandra