Jelang Ramadhan, TPID Adakan Operasi Pasar Murah di Berbagai Kecamatan.
Oleh : Hendra
Jum\'at | 03-05-2019 | 14:04 WIB
TPID_batam_operasi_pasar.jpg
Operasi pasar yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam di sejumlah kecamatan (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka pemenuhan kebutuhan bahan pokok masyarakat jelang bulan Ramadhan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kota Batam adakan operasi pasar murah di 4 kecamatan di Kota Batam.

Acara yang diadakan pada hari Jumat (03/05/2019) ini mengambil tempat di 4 kecamatan yakni Sagulung, Batuaji, Sei Beduk dan Lubuk Baja.

Hajar Patra, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) mengatakan operasi pasar yang di gelar ini bekerja sama dengan 25 lebih distributor, baik dari bahan pokok maupun bahan kebutuhan tambahan lainnya.

"Saat ini kita sudah berkerja sama dengan 25 lebih distributor, dan untuk di Batam kita ada 2 Tim, supaya pelaksanaannya cepat" ujar Hajar, di halaman parkir Kecamatan Sagulung.

Adapun bahan pokok yang di jual di kegiatan operasi pasar murah ini adalah daging sapi, ayam, telur, bawang merah,
bawang putih, cabai merah, kentang, sayur mayur, ikan, minuman, mentega, tepung, minyak goreng, susu.

"Operasi pasar murah ini kita mulai sedari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB," lanjutnya.

Untuk harga barang yang dijual dalam kegiatan ini, Ia mengatakan bahwa mematok harga lebih murah dari pada harga biasa, karena barang langsung didatangkan dari distributor.

"Pastinya harga di sini lebih murah, karena memang ini dari distributor langsung," jelasnya.

Untuk harga dia mengatakan, seperti beras premium, dipatok dengan harga Rp.50 ribu per 5 Kg, sedangkan untuk daging sapi di harga Rp 70 ribu per Kg.

Agar operasi pasar ini berjalan lancar, panitia meminta pembeli untuk membeli barang yang dibutuhkan dalam jumlah yang wajar. Hal ini agar semua masyarakat yang datang rata dalam mendapatkanya.

Eliza warga yang datang ke operasi pasar tersebut merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, karena harganya sangat murah dibandingkan dengan harga di pasar biasa.

"Harganya pas pak, dan cocok dengan kantong kita yang pas-pasan ini," ucapnya.

Setelah pelaksanaan di 4 kecamatan awal ini, TPID juga menyampaikan akan menggelar operasi pasar murah ini 2 sesi, pertama sebelum ramadhan dan selanjutnya sebelum lebaran.

"Kita adakan 2 kali nanti, yang pertama sebelum bulan puasa (yaitu saat ini) dan sebelum lebaran nanti," pungkasnya.

Editor: Surya