Harga Ayam Potong Segar Tembus Rp 40 Ribu di Pasar Botania I
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 02-05-2019 | 11:52 WIB
sidak-pasar2.jpg
Sidak harga kebutuhan pokok. (Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga kebutuhan pokok di Batam saat ini rart mengalami kenaikan harga cukup signifikan. Hal itu diketahui saat Tim Satgas Pangan Satreskrim Polresta Barelang bersama instansi terkait melakukan sidak pasar, Kamis (2/5/2019).

Seperti yang diakui salah satu pedagang di Pasar Botania 1, Putra, harpir pada semua komoditi mengalami kenaikan.

Sebagai contoh, adalah ayam pokok segar, biasanya hanya kisaran Rp 30 ribuan per kilogramnya. Namun sekarang naik menjadi Rp 40 ribuan per kilogramnya.

Sementara untuk ayam potong beku, awalnya seharga Rp 28 ribu, saat ini melonjak menjadi Rp 35 ribu per kilogramnya.

"Rata-rata semua kebutuhan mengalami kenaikan harga. Contohnya ayam yang saya jual ini, selisih harga sebelumnya dengan saat ini lebih dari Rp 5 ribu," akunya.

Kenaikan harga tersebut lanjut Putra, terjadi hampir satu bulan belakangan. "Biasanya memang seperti ini kalau mau menjelang puasa. Kami terpaksa ikut alur, tidak mungkin kami berjualan tidak mendapatkan untung," jelasnya.

Sementara Kapolresta Barelang Kombes Hengki, sebelumnya mengatakan, sidak yang dilakukan untuk mengecek agar tidak adanya kenaikan harga yang cukup tinggi menjelang Ramadhan.

"Hari ini kita lakukan sidak pengecekan harga di pasar. Jangan sampai ada kenaikan harga yang cukup tinggi. Sekarang masih dilakukan pengecekan, dan kita akan mendatangi beberapa pasar besar," ujanya.

Sejauh ini, pross pendataan terus dilakukan. "Nanti setelah data lengkap, baru bisa disimpulkan apakah ada kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga atau tidak," pungkasnya.

Editor: Gokli