Habibie Sebut 'Back To Basic'

Hingga Hari Ini, Rudi Belum Dilantik sebagai Kepala BP Batam Ex Officio
Oleh : Putra
Rabu | 01-05-2019 | 08:04 WIB
JK-kunjungi-batam11111111.jpg
Wakil Presiden, Jusuf Kalla (tengah) berasama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (kanan) dan Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady (kiri). (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelantikan Wali Kota Batam Muhammad Rudi sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam secara ex-officio, yang sebelumnya disebut-sebut digelar hari ini, Rabu (30/4/2019), belum ada kejelasan.

Mimpi Rudi untuk menjabat Kepala BP Batam (dulunya Otorita Batam), yang sudah sejak lama digembar-gemborkan, hingga saat ini belum belum menjadi kenyataan. Pun, jabatan ex officio Kepala BP Batam ini menuai banyak protes hingga menjadi polemik.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla juga telah memastikan ex officio Kepala BP Batam akan terlaksana usai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April. "Ex Officio dipastikan akan dirangkap Wali Kota Batam," kata Jusuf Kalla usai rapat tertutup di kantor BP Batam, Selasa (2/4/2019) lalu.

Presiden RI ketiga, yang juga sebagai salah seorang konseptor pengembangan Pulau Batam, BJ Habibie, menanggapi rangkap jabatannya Wali Kota Batam sebagai ex-officio Kepala BP Batam.

Namun sayang, BJ Habibie yang berkunjung ke Batam pada Selasa (30/4/2019), hanya mengatakan back to basic. "Back to basic," ujar Habibie, ketika ditemui di Bandara Internasional Hang Nadim, tanpa merinci maksud back to basic apakah kembali seperti Otorita Batam.

Di tempat yang sama, Kepala BP Batam Edy Putra Irawady mengatakan bahwa perencanaan rangkap jabatann Wali Kota Batam sebagai ex-officio Kepala BP Batam, hingga saat ini belum ada keputusan.

"Terkait ex-officio seharusnya hari ini, tapi belum ada surat keputusan (SK) perintah pelaksanaannya," kata Edy.

Dirinya melanjutkan, belum adanya kepastian terkait rangkap jabatan Wali Kota Batam tersebut juga belum diketahui apakah ada sangkut pautnya dengan keterangan Habibie atau tidak.

"Ketika saya ketemu beliau (Habibie) tadi, kami hanya membahas seputar sains. Tidak ada sedikitpun membahas permasalahan ex-officio," tegasnya.

Edy pun mengatakan masih menunggu kepastian karena belum ada arahan dari pusat terkait ex-officio tersebut.

"Sampai saat ini, kami masih menunggu kepastian dari tim teknis Dewan Kawasan maupun Dewan Kawasan, karena belum ada menggelar rapat soal kelanjutan rencana Wali Kota Batam ex-officio Kepala BP Batam," tutupnya.

Hingga berita ini diunggah, Wali Kota Batam Muhammad Rudi belum berhasil dikonfirmasi terkait belum terlaksananya pelantikan dirinya sebagai Kepala BP Batam ex officio.

Editor: Gokli