Menteri Susi akan Tenggelamkan 51 Kapal Asing 4 Mei Mendatang
Oleh : Hendra
Selasa | 30-04-2019 | 14:17 WIB
susi_batam_51.jpg
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, akan menenggelamkan 51 kapal pencuri ikan asing dalam waktu dekat. Rencananya penenggalamannya akan dilakukan pada Sabtu (4/5/2019) mendatang, namun belum diketahui kapal dari negara mana saja kapal yang akan ditenggelamkan.

Hal itu disampaikan Susi menanggapi insiden arogansi kapal negara Vietnam (KN 264 dan KN 231) yang menabrakan diri ke KRI Tjiptadi-381 di Natuna saat kapal nelayan mereka hendak ditangkap karena kepergok mencuri ikan di perairan Indonesia.

"Dalam waktu dekat kita akan tenggelamkan 51 kapal ikan asing. Nanti konferensi persnya akan kita adakan di Jakarta," ujar Susi singkat saat berkunjung ke Batam, (30/4/2019).

Kedatangan singkat Susi dengan menggunakan Susi Airlines tersebut tidak terlalu lama, setelah bertemu dengan Presiden RI ke-3 BJ Habibie, dia seketika langsung pergi meninggalkan kawasan VIP Bandara Hang Nadim.

Sembari sempat menjawab pertanyaan wartawan, Susi dengan tegas mengatakan akan melakukan penenggelaman terhadap 51 kapal dalam waktu dekat. Sejurus kemudian, Susi langsung berlalu dengan menggunakan mobilnya, tidak diketahui tujuannya.

Susi sendiri rencananya pada 2-3 Mei April 2019 akan berkunjung ke Natuna meninjau latihan perang Siaga Purla TNI AL 2019. Dalam acara tersebut, juga akan dihadiri menteri pertahanan, panglima TNI, Kasal, panglima Koarmada I dan lain-lain.

Seperti diketahui, aat itu KRI Tjiptadi-381 sedang membawa Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BD 979 yang tertangkap melakukan pencurian ikan, di perairan Indonesia khususnya wilayah utara perairan Natuna.

Editor: Surya