Dinkes Batam Investigasi Temuan Sampah Medis di Drainase Daerah Batuaji
Oleh : Hendra
Selasa | 09-04-2019 | 09:04 WIB
dinkes-investigasi.jpg
Tumpukan sampah medis yang ditemukan Satgas DLH Batam di drainase Jalan R Suprapto, Batuaji. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam langsung melakukan investigasi terkait temuan sampah medis oleh Satgas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di drainase Jalan R Suprapto, Batuaji.

Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi, menyampaikan, hasil investigasi sementara belum ada indikasi pembuangan sampah medis. Sebab, saat timnya turun ke lokasi ditemukannya sampah medis itu, yang dijumpai hanya ada 1 bekas botol infus.

"Cuma ketemu satu botol infus. Belum terindikasi kuat ada pembuangan limbah medis," ujarnya melalui pesan WhatsApp, Senin (08/04/2019) sore.

Saat pewarta menanyakan dugaan sementara perihal beberapa sampah medis yang ditemukan di lapangan, Didi mengatakan belum bisa memberikan alasan pasti. Pasalnya, dari data yang dia miliki, semua klinik yang berada di dekat area sekitar limbah telah memiliki Momerandum of Understanding (MoU) dengan pihak ke-3 selaku pengelola limbah.

"Tidak tau dari mana dan siapa yang buang, dan juga kita cek klinik yang dekat sana (sekitar area drainase) sudah ada MoU pengelolaan limbah dengan pihak ke-3," kata dia.

Namun untuk proses selanjutnya, perihal kepastian sampah medis tersebut, Didi mengatakan hari ini, Selasa (9/4/2019), akan dilanjutkan. "Besok akan ditelusuri lagi," tutupnya.

Editor: Gokli