DLH Batam Tegaskan Sampah Medis Tanggung Jawab Dinkes
Oleh : Hendra
Selasa | 09-04-2019 | 08:52 WIB
sampah-medis.jpg
Tumpukan sampah medis yang ditemukan Satgas DLH Batam di drainase Jalan R Suprapto, Batuaji. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam, Faisal Novrieco mengatakan, ditemukannya sampah medis oleh satuan tugas (satgas) dari DLH saat membersihkan saluran drainase di Jalan R Suprapto, Batuaji merupakan tanggung jawab Dinas Kesehatan Batam. Bukan urusan DLH.

"DLH hanya akan mengkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, sebab itu menjadi tanggung jawab dari Dinkes Kota Batam," tegasnya, Senin (08/04/2019).

Ia melanjutkan, kalau memang di sekitar kawasan drainase tersebut ada klinik ataupun praktek kedokteran atau bidan, pada dasarnya memang wajib sampah tersebut dikirim ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat untuk penindakannya (pengelolaan).

Sehingga, kata dia, untuk pengangkutan sampah itu sendiri akan terpisah, karena memang untuk sampah medis, khusus penanganannya itu berbeda. "Dari Satgas DLH hanya mengangkat sampah rumah tangga, pun untuk sampah bahan bangunan juga tergantung spesifiknya," lanjutnya.

Ia juga mengatakan, sampah bangunan ini juga menjadi permasalahan lain, apakah termasuk ke dalam sampah rumah tangga atau tidak, akan tetapi kalau posisinya tercampur dia katakan DLH tetap akan mengangkatnya.

"Memang kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya masih tergolong minim, dan bisa dikatakan masih banyak yang tidak bertanggungjawab," jelasnya.

Masih kata Faisal, perihal sampah yang terdapat di drainase Jalan R Suprapto ini, umumnya berasal dari hulu lalu akibat hujan, jadi sampah terbawa arus hingga ke saluran parit kecil dan menumpuk di area drainase utama.

Editor: Gokli