Sampah Medis juga Padati Tumpukan Sampah di Parit di Batuaji
Oleh : Hendra
Senin | 08-04-2019 | 13:41 WIB
smaah_medis1.jpg
Sampah medis terlihat padati tumpukan sampah di parit Batuaji (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Permasalahan sampah tak pernah ada habisnya. Perbincangan ini masih belum menemukan alternatif penyelesain secara sempurna. Hal ini ditambah lagi dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

Bahkan juga sampah ini diperburuk dengan ditemukannya beberapa sampah medis yang dibuang secara sembarangan seperti di kawasan Jl R. Suprapto, Batuaji.

Didapati drainase induk yang membentang antara ruko Genta I dan ruko Limanda, pinggir jalan Batuaji dipenuhi sampah yang menumpuk. Hingga mulai terlihat menyumbat parit.

Dan saat satuan tugas (Satgas) pemantau drainase dari Dinas Lingkungan Hidup mulai membersihkan tumpukan sampah beberapa hari yang lalu, satgas DLH menemukan juga sampah medis di dalamnya.

"Kebanyakan memang sampah rumah tangga, tapi sampah medis juga ada juga," ujar Ali, seorang Satgas drainase yang dijumpai di lokasi drainase yang bermasalah tersebut.

Ia mengatakan, sampah-sampah ini cukup berbahaya jika dibuang sembarang. Tak hanya mempengaruhi drainase namun turut mengancam kesehatan lingkungan.

"Kalau sampah rumah tangga masih mending paling baunya saja. Tapi kalau sampah medis gatal-gatal kalau kena kulit," lanjutnya.

Ia melanjutkan, umumnya jarang menemukan sampah medis, dan juga sampah jenis ini tidak boleh dibuang sembarangan. Pun jika ada, biasanya banyak dijumpai di drainase-drainase yang berdekatan dengan rumah sakit, puskesma, atapun klinik.

"Tak menuduh siapapun yang buang, tapi biasannya kalau dekat klinik atau rumah sakit memang banyak sampah medis. Padahal tak seharusnya dibuang sembarangan, sebab sampah medis harus dibuang ke tempat khusus," paparnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan telah menurunkan timnya kelapangan pada hari Senin (08/04/2019) ini dan mereka juga akan menelusuri sumber dari mana sampah ini berasal.

"Kita akan pastikan dulu sampahnya. Dan akan segera akan kita telusuri secepatnya dari mana sumber sampah ini. Ini memang tidak boleh dibuang sembarangan, biasanya kita telah memawajibkan pada setiap pihak klinik maupun praktik dokter atau bidan untuk bekerja sama dengan pihak ke-3 dalam tata kelola sampah medis ini," terangnya, saat dikonfirmasi pewarta.

Editor: Surya