IKAL Taplai dan Latpim Kepri Sosialisasikan Nilai Kebangsaan di Lapas Batam
Oleh : Nando Sirait
Senin | 08-04-2019 | 09:28 WIB
sos-nilai-kebangsaan-lapas.jpg
IKAL Taplai dan Latpim Kepri bersama pegawai Lapas Kelas IIA Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Pemantapan Nilai (Taplai) dan Latihan Kepemimpinan (Latpim) Kepri 2019 menggelar sosialisasi nilai-nilai kebangsaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Batam, Senin (08/04/2019).

Sosialisasi ini diikuti sebanyak 104 pegawai Lapas. Tidak hanya dalam bentuk materi ceramah saja, pelaksanaan kegiatan juga didukung dalam bentuk permainan dan selingan.

Hal itu dimaksudnya untuk membuat peserta menjadi bersemangat dan militan dalam melaksanakan nilai kebangsaan, yang dimulai dari diri sendiri maupun lingkungan kerja.

Ketua IKAL Taplai dan Latpim Kepri, Razaki Persada mengatakan, kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaaan yang diperuntukan kepada 104 pegawai di Lapas Kelas IIA Barelang Batam ini memang sengaja dilakukan. "Melalui kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan yang berdasarkan pada empat konsensus nasional ini diharapkan seluruh peserta kegiatan bisa menjadikan nilai-nilai kebangsaan bisa dipahami dan melekat dalam pribadi serta dilaksanakan dalam bentuk pola pikir, sikap dan prilaku," jelasnya.

Nantinya, tambahnya, nilai-nilai tersebut dapat tercermin dan terwujud dalam tindakan yang sesuai dengan profesi masing-masing peserta.

Kegiatan ini juga tidak hanya dalam bentuk materi ceramah saja, akan tetapi, didukung dalam bentuk permainan dan selingan yang membuat peserta menjadi bersemangat dan militan dalam melaksanakan nilai kebangsaan yang dimulai dari diri sendiri maupun lingkungan kerja.

"Saya juga sampaikan terima kasih kepada Kepala Lapas Barelang, Surianto yang sudah memberikan kesempatan sehingga sosialisasi ini bisa terlaksana. Dan saya pun berharap kegiatan ini dapat bergulir terus dan dilanjutkan pelaksaannya di berbagai lembaga pemerintahan, pendidikan hingga organiasasi dan masyarakat umum lainnya. Semoga sosialisasi oleh IKAL Taplai dan Latpim Kepri ini bisa dapat mendukung pencapaian cita-cita tujuan nasional, khususnya di Provinsi Kepri dan Kota Batam," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Barelang Batam, Surianto mengucapkan terima kasih kepada IKAL Taplai dan Latpim Kepri 2019 yang sudah melakukan sosialisasi di tempatnya.

Mengingat dengan adanya hal ini setidaknya sudah bisa menguatkan nilai-nilai kebangsaan dari para petugas Lapas. "Kami ucapkan terima kasih, karena sudah membantu memperkuat hal ini. Ketika bicara perang asimetris, erat kaitannya dengan proxy war. Sehingga membuat kita harus meningkatkan dan menguatkan nilai kebangsaan," terangnya.

Editor: Gokli