Petugas Kelamaan Sortir Barang

Ratusan Penumpang Ketinggalan Kapal di Pelabuhan Batuampar
Oleh : Putra Gema
Senin | 08-04-2019 | 08:04 WIB
tahan-barang-seken.jpg
Calon penumpang dan petugas saat adu argumen di Pelabuhan Batuampar, Minggu (7/4/2019) sore. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan koper bawaan penumpang yang akan berangkat menuju Medan tertahan di Pelabuhan Batuampar, Minggu (7/4/2019). Hal ini mengakibatkan banyak penumpang akhirnya ketinggalan kapal.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, ratusan koper penumpang yang akan berangkat tertahan ketika melewati mesin X-Ray pelabuhan. Diduga, ratusan barang yang diamankan tersebut merupakan barang bekas alias seken yang akan diberangkatkan menuju Kota Medan.

Barang yang diamankan pun bervariasi, mulai dari pakaian, sepatu hingga peralatan rumah tangga.

Perdebatan antara penumpang dengan pihak kepolisian dan Bea Cukai pun tidak terelakkan karena beberapa penumpang masih bersikeras bahwa dirinya tidak menyelundupkan barang seken. "Semuanya sudah jelas, barang yang tertahan merupakan barang seken yang telah diperiksa terlebih dahulu oleh Bea Cukai melalui mesin X-Ray," tegas Kepala Pos Polisi Pelabuhan Batuampar, Aiptu Rizal, Minggu.

Ia mengatakan, ratusan barang yang ditahan ini nantinya akan dikembalikan kepada pemiliknya. "Barang ini akan dikembalikan kepada pemiliknya, namun tetap tidak bisa berangkat," ujarnya.

Akibat dari penertiban ini, aktivitas penyortiran barang melalui mesin X-Ray sedikit terhambat. Beberapa penumpang yang sejak dari tadi mengantri pun sempat kecewa karena proses penyortiran yang lama membuat mereka ketinggalan kapal.

"Bagus, tetapi kami yang memang tidak membawa barang seken merasa dirugikan karena ketinggalan kapal. Mau minta ganti rugi kemana kami," ungkap salah seorang penumpang.

Sampai Minggu sore, ratusan penumpang masih memadati Pelabuhan Batuampar walaupun kapal sudah berangkat.

Editor: Gokli