Masyarakat Kampung Tua Batam Dijanjikan Dapat Sertifikat Lahan Tiga Bulan ke Depan
Oleh : Hendra
Minggu | 07-04-2019 | 08:32 WIB
jokowi-janji-flyover-babin1.jpg
Ribuan massa saat mendengar janji pembangunan jembatan layang Batam-Bintan dari Capres petahana Joko Widodo di Lapangan Parkir Tumenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam, Sabtu (6/4/2019)

BATAMTODAY.COM, Batam - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga calon presiden (capres) nomor urut 01 berjanji akan merampungkan penerbitan sertifikat lahan atas masyarakat di Kampung Tua, Pulau Batam.

Di hadapan puluhan ribu pendukung yang memadati kompleks Stadion Temenggung Abdul Jamal, Jokowi mengatakan akan merampungkan penerbitan sertifikat lahan Kampung Tua dalam tiga bulan ke depan.

"Pertama, mengenai sertifikasi pembuatan sertifikat untuk kampung Tua. Siapa yang setuju Kampung Tua disertifikasi? Akan kami lakukan maksimal tiga bulan, akan kami selesaikan," kata Jokowi, Sabtu (6/4/2019).

Sebelumnya Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau sedang memperjuangkan 37 lokasi Kampung Tua yang tersebar di penjuru pulau utama agar dikeluarkan dari Hak Pengelolaan Lahan Pulau Batam milik Badan Pengusahaan Kawasan Batam.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Abdul Djalil mengatakan pemerintah telah membentuk Tim Kampung Tua Batam yang akan mengupayakan penerbitan sertifikat lahan di sana. Tim akan bekerja memastikan lokasi dan luasan kampung tua.

Selesai mengidentifikasi lahan dan luasan kampung tua, maka pemerintah akan mengupayakan untuk menerbitkan HPL sendiri, terpisah dari HPL Pulau Batam yang dimiliki BP Kawasan Batam.

Pemerintah menegaskan, Kampung Tua adalah lahan perkampungan yang sudah ada sebelum BP Kawasan Batam berdiri mengelola pulau utama Batam.

Selain itu, Jokowi juga menjanjikan akan membangun jembatan penghubung Batam dan Bintan di Kepulauan Riau. Jokowi berjanji mengirimkan tim dalam waktu dekat untuk merampungkan desain teknis rinci atau DED (Detail Engineering Design) pengerjaan jembatan Batam-Bintan.

"Ada permintaan jembatan dari Batam ke Bintan. Pekan depan akan saya kirim tim untuk cek secepat-cepatnya sehingga DED bisa dilakukan secepatnya. Siapa yang setuju jembatan Batam Bintan? Tunjuk jari," kata Jokowi.

Editor: Surya