Gubernur Kukuhkan AAIPI Kepri, Wujudkan Auditor Internal Semakin Handal
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-04-2019 | 20:08 WIB
pelantikan-aaip.jpg
Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (DPW AAIPI) Kepri. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (DPW AAIPI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) resmi dikukuhkan, Kamis, 4 April 2019, di Aula Gedung Perwakilan BPKP Provinsi Kepri, Batam Centre, Batam.

Pengukuhan DPW AAIPI Provinsi Kepri Periode 2018-2021 dipimpin langsung oleh Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. Adapun pengesahan DPW AAIPI Provinsi Kepri hari ini dilaksanakan oleh Ketua DPN AAIPI Sumiyati.

Acara pengukuhan ini dihadiri sebanyak 150 orang peserta, masing-masing sebanyak 83 orang berasal dari APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) Daerah Kepulauan Riau, empat orang Kepala Daerah serta 63 orang dari Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau.

Ketua DPW AAIPI Kepri Indra Khaira Jaya mengatakan bahwa AAIPI, baik di tingkat pusat maupun wilayah diharapkan menjadi mitra bagi pemerintah dalam mendorong profesionalisme APIP.

“Sebagai unit pengawasan, APIP Daerah merupakan kepanjangan tangan Kepala Daerah yang berperan mengawal program kepala daerah agar dapat tercapai secara efektif, ekonomis, dan efisien melalui pemberian layanan advisory maupun assurance dengan baik,” ujar Indra.

Ketua DPN AAIPI Sumiyati menyampaikan apresiasi kepada DPW AAIPI Kepri yang telah secara tertib dan tepat waktu menyampaikan laporan kegiatan DPW AAIPI. Di samping itu, apresiasi juga disampaikan kepada 8 APIP di wilayah Kepulauan Riau yang telah mencapai level 2+ pada tahun 2018.

“Tentunya, ini tidak lepas dari peran AAIPI yang secara terus-menerus mendorong IACM (peningkatan kapabilitas) di wilayah Kepri dan menunjukkan bahwa inspektorat telah menjadi sahabat bagi mitra kerjanya, terutama pemerintah pusat/daerah,” ujar Sumiyati.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga menyampaikan apresiasi kepada AAIPI yang telah mengawal keuangan dan pembangunan secara berkelanjutan di wilayah Kepulauan.

“Peran AAIPI terlihat dari tercapainya WTP pada seluruh pemda di Kepri, serta ke depannya kami akan terus mengupayakan agar inspektorat menjadi rekan bagi kami agar pengelolaan keuangan dan pembangunan kami sesuai dengan ketentuan dan mencapai kesejahteraan masyarakat serta mampu memberikan early warning system (peringatan dini),” tuturnya.

Nurdin berharap DPW AAIPI Provinsi Kepri dapat berperan dengan efektif dalam mengawal Nawa Cita Presiden, mengawal keberhasilan pelaksanaan RPJMN dan Rencana Kerja Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah agar terwujud pemerintahan yang bersih, berwibawa dengan tata kelola yang baik.

Editor: Dardani