Tingkatkan Kualitas SDM, Kementerian Koperasi dan UKM Gelar Pelatihan di Batam
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-04-2019 | 19:04 WIB
umkm-pelatihan-commerce.jpg
Narsumber bersama peserta pelatihan peningkatan SDM UKM di Da Vienna Boutique Hotel, Nagoya, Kota Batam, Kamis (4/4/2019) siang. (Foto: Pascal RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menggelar pelatihan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Da Vienna Boutique Hotel, Nagoya, Kota Batam, Kamis (4/4/2019) siang.

Pelatihan ini dibuka Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM), Suleman Nababan serta disaksikan perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, serta peserta pelatihan.

Suleman Nababan mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Lembaga Keuangan Mikro (LKM) tentang azas-azas koperasi dan benefitnya serta pentingnya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang sudah disertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan pertumbuhan wirausaha baru, memberikan pengetahuan tentang perkoperasian kepada PKL dan masyarakat serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi para wirausaha baru di bidang teknologi informasi," kata Suleman.

Masih kata Suleman, melalui pelatihan ini, diharapkan UKM di Kota Batam memiliki peluang lebih untuk meraih usaha, menjangkau pasar, dan meningkatkan pelayanan maupun interaksi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Di mana, Kota Batam yang memiliki letak sangat strategis sehingga potensi sumber daya yang dimiliki harus dimanfaatkan oleh UKM untuk mendapatkan nilai tambah bagi pendapatn ekonomi rumah tangga, keluarga dan kelompok yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

"Potensi sumber daya yang dimiliki Kota Batam dapat dimanfaatkan oleh UKM untuk mendapatkan nilai tambah bagi pendapatan ekonomi demi terciptanya kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Horjani Dewati Hutagalung, anggota Koperasi Busyido yang merupakan salah satu inisiator kegiatan pelatihan mengatakan, dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM kepada para calon wirausaha baru di Kota Batam.

"Saya sangat senang dengan kegiatan seperti ini. Mudah-mudahan, setelah mengikuti pelatihan ini seluruh peserta bisa meningkatkan jiwa kewirausahaannya," kata Horjani.

Horjani menjelaskan, materi pelatihan ini diberikan para narasumber yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing. Kegiatan ini, lanjut Horjani, diikuti 60 peserta.

Ada beberapa pelatihan yang diberikan kepada para peserta, di antaranya pelatihan vocational, pelatihan vocational e-commerce, pelatihan akuntansi, pelatihan perkoperasian dan pelatihan berbasis kompetensi bagi UMKM.

Kegiatan Pelatihan yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM ini akan dilaksanakan selama tiga hari, 4 - 6 April 2019.

Editor: Gokli