Pelantikan INAMPA Kepri, Nurdin Ajak Semua Pihak Berperan Membangun Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 02-04-2019 | 17:16 WIB
inampa-kepri1.jpg
Gubernur Kepri Nurdin Basirun hadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Khusus Indonesian Maritime Pilot's Association (INAMPA) Kepri. (Foto: Nurdin)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur provinsi Kepri Nurdin Basirun, mengajak semua pihak dan anggota Indonesian Maritime Pilot's Association (INAMPA) Kepri untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan bidang masing-masing.

Dengan kompetensi yang dimiliki, tambah Nurdin, semua pihak diharapkan bisa bersaing dan berperan dalam menggerakkan ekonomi daerah.

"Kepri punya arena dan lapangan kegiatan. Jangan sampai kita menjadi penonton di arena dan daerah kita sendiri. Untuk itu, mari kita kelola potensi tersebut, dengan kemaluan SDM Kepri yang tidak kalah saing dan mampu berkompetensi dengan SDM luar," ujar Nurdin dalam Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Khusus Indonesian Maritime Pilot's Association (INAMPA) Kepri di Ballroom Hotel Ibis, Seraya Kota Batam, Selasa (2/4/2019).

Menurut Nurdin, Kepri merupakan Provinsi yang mendapat keberkahan karena berada di Selat Malaka dan Selat Singapura/Philips merupakan jalur pelayaran terpadat yang dapat memberi manfaat untuk Kepri.

"Mari sama-sama berperan, menjadikan Provinsi Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah Lingkungan dan Unggul di Bidang Maritim," kata Nurdin.

Nurdin berharap, dengan dikukuhkannya kepengurusan ini diharapkan mampu memberi kontribusi bagi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah akan terus membangun sarana dan prasarana beserta infrastruktur. Agar mampu bersaing dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia sehingga aktifitas kepelabuhan di Kepri meningkat.

Selama ini, kata Nurdin, Kepri hanya mendapat permasalahan sosial. Seperti daerah tangkapan nelayan yang terganggu, limbah dan pengaruh gelombang kapal.

Tampak hadir pada pengukuhan itu, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Arsyad Abdullah, Kepala Staf Koarmada I Laksma TNI TSNB Hutabarat, Kasatpolair Kombes Pol Benyamin Sapta, Sekda Kepri H TS Arif Fadillah, Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja dan DPW Khusus INAMPA Kepri Capt. Harpin.

Usai pelantikan, kegiatan juga dilanjutkan dengan Seminar Nasional Tentang Pemanduan di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Editor: Yudha