Penjaringan Investor ke China

Pemko Batam Acuhkah Undangan Kadin Kepri Berdalih Tak Ada Anggaran
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 12-03-2019 | 12:40 WIB
SEKDA.jpg
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin. (Foto: Nando).

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam menerima undangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepulauan Riau, terkait penjaringan investor ke China April 2018 lalu. Hanya saja Pemko Batam tidak ikut karena berdalih tidak memiliki anggaran.

Sebelumnya, soal undangan ini dijelaskan langsung oleh Ketua Kadin Kepri Ma'aruf Maulana, saat ditemui di Badan Pengusahaan (BP) Batam, Jumat (08/03/2019) lalu. Soal penjaringan investor ke China, kata Ma'ruf, PT San Hai Plastic menjadi salah satu Perusahaan Penanam Modal Asing (PMA) dari hasil kunjungan Kadin Kepri dan BP Batam beberapa waktu lalu.

Guna lebih memaksimalkan penjaringan investor ini, Kadi Kepri pun akhirnya melibatkan Pemko Batam. Ma'aruf juga mengatakan, pihaknya telah mengantarkan undangan ke pihak Pemko Batam, sebagaimana diakui Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin.

"Memang benar perihal undangan tersebut, kami sudah terima. Tapi tidak ada perwakilan dari Pemko yang ikut ke sana karena tidak ada anggarannya," ujar Jefridin, Selasa (12/03/2019).

Jeffridin menambahkan, tidak hadirnya Pemko Batam dikarenakan adanya proses pengembangan Kota Batam yang sedang dilakukan Walikota Batam Muhammad Rudi. Dimana saat ini, seluruh anggaran difokuskan pada pembangunan infrastruktur.

"Jadi untuk perjalanan luar kota, baik kepala dinas hingga pimpinan, semua dilarikan untuk pembangunan infrastruktur. Bahkan kalau pak wali sedang ada perjalanan dinas luar kota, tidak ada kepala dinas yang ikut. Hanya satu orang dari bagian protokoler saja," lanjutnya.

Editor: Chandra