Puluhan Sekuriti PT BIG Tuntut Pembayaran Gaji
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 06-03-2019 | 15:28 WIB
sekuriti1.jpg
Sejumalh sekuriti menunggu proses mediasi antara kuasa hukum mereka dengan perwakilan PT BIG. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 35 sekuriti Pelabuhan Marina Teluk Senimba, Sekupang di bawah naungan PT Batam Insan Gemilang (BIG) menuntut pembayaran gaji mereka yang sudah berbulan-bulan menunggak.

Info yang didapat di lapangan, beberapa di antara mereka ada yang sudah bekerja selama 2 tahun dengan pemberian gaji yang terkadang tidak full dan juga pembayaran BPJS yang tidak sesuai aturan.

"Gaji kami dibayar tidak full, dan terakhir 3 bukan tidak dibayar. Begitu juga BPJS kami selalu dipotong tapi pembayarannya sendiri tidak sesuai aturan, tidak penuh dibayarkan," ujar Dasorman, salah seorang sekuriti.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi kejadian, Rabu (06/03/2019) siang ini, perwakilan perusahaan telah menemui mereka. Sejauh ini pihak perusahaan baru membayar 1 bulan gaji mereka.

"Iya sejauh ini kami baru dibayar Rp 3 juta untuk satu bulan gaji. Sedangkan tunggakan mereka hampir kisaran Rp 10 juta sampai Rp 20 juta per orang," lanjutnya.

Hasan, kuasa hukum pekerja, dari lembaga bantuan hukum (LBH) Giyatno mengatakan, sejauh ini mediasi dengan pihak perusahaan, gaji para mantan pekerja masih dibayarkan sebanyak satu bulan kerja, dengan kesepakatan akan dibayarkan lagi pada tanggal 10 Maret nanti.

"Gaji klien saya baru dibayar sebesar gaji satu bulanan, dengan kesepakatan pada tanggal 10 Maret nanti, akan kembali mereka bayarkan," paparnya.

Pihak perusahaan saat dicoba konfirmasi enggan memberikan tanggapan. Dua orang perwakilan perusahaan yang menemui mantan sekuriti, tak mau berkomentar apapun.

"Kami hanya perwakilan saja. Kalau untuk statemen bukan wewenang kami. Maaf ya," ujar wanita berkerudung yang menjadi wakil pihak perusahaan yang tidak ingin menyebutkan namanya itu.

Editor: Yudha