KPU Kepri Beri Sosialisasi dan Simulasi Pemilu kepada Para Pekerja di Batam
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 06-03-2019 | 11:33 WIB
sosialisasi-pemilu2.jpg
Pemaparan oleh Widiyono Agung Sulistyo, Anggota Komisioner KPU Provinsi Kepri Divisi Hukum. (Foto: Hendra).

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri lakukan sosialisasi dan simulasi pemilu serentak 2019 dalam acara tatap muka dengan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Ossi Hotel, Putri Hijau, Kecamatan Sagulung, Selasa (5/3/2019) malam.

Kegiatan yang dihadiri Widiyono Agung Sulistyo, Anggota Komisioner KPU Provinsi Kepri Divisi Hukum ini, membahas perihal sosialisasi pemilu serentak yang hanya tinggal 1 bulan lagi, tepatnya 7 April mendatang.

"Pemilu tahun ini merupakan paling komplek dan paling ramai dikarenakan serentak dan untuk pertama kalinya. Pemilu kali ini tidak hanya pilpres saja, tetapi juga ada lima pemilihan lainnya, seperti DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota, dan DPD," ujarnya.

Ia juga mengatakan, alasannya kenapa sasaran utama dalam sosialiasi pemilu ini adalah organisasi buruh/pekerja di kota Batam, karena target suara di Batam ialah 53% dari total semua suara di Kepulauan Riau, yaitu 650.876 dari total 1.229.424 suara.

Dengan kata lain, Batam adalah kota industri yang mana tempatnya para buruh dan pekerja banyak datang dari luar kota. Sehingga, KPU Provinsi mencanangkan fokus beberapa sosialisasi pada pekerja dan buruh dengan pihak Serikat Buruh (SB) dan Serikat Pekerja (SP).

"Seperti untuk hari ini, kita adakan tiga titik lokasi sosialisasi yang berbeda secara serentak. Di Batam Centre dua tempat dan Sagulung ini satu lagi," jelasnya.

Dalam kegiatan ini, KPU juga mengadakan simulasi pemilihan, serta sosialisasi perihal bentuk dan warna surat suara kepada peserta yang hadir.

"Kita adakan sosialisasi dengan menggunakan 5 contoh surat suara ukuran sesungguhnya, tapi kertas itu hanya spesimen. Juga kita bawa 5 kotak suara dengan identitas warna masing-masing, yaitu untuk calon Presiden dan Wapres warna Abu-abu, DPR RI warna Kuning, DPD RI warna Merah, DPRD Provinsi warna Biru dan DPDR Kab/kota warna hijau." pungkasnya.

Editor: Chandra