Metro Forum Pemilu Damai 2019

Nurdin Ingin Elemen Masyarakat Bersama Jaga Persatuan dan Keamanan Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 06-03-2019 | 09:04 WIB
MF-Pemilu-19.jpg
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun menjadi narasumber dalam Metro Forum Pemilu Damai 2019 bersama Kapolda Irjen Pol Andap Budhi Revianto. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur H Nurdin Basirun menginginkan semua element masyarakat secara bersama menjaga persatuaan dan kemanan Provinsi Kepri.

Nurdin mengatakan sampai saat ini, Provinsi Kepri dalam kondisi aman dan kondusif. Dan hal itu tidak terlepas dari saling bersinerginya seluruh elemen dan stake holder.

"Kita harus bersama dengan masyarakat tetap menjaga kekompakan, kebersamaan, persatuan kesatuan dan tetap menjalin silaturahmi walaupun pilihan berbeda," kata Nurdin, saat menghadiri Metro Forum Pemilu Damai 2019 di Ruang Beijing Hotel Harmoni One, Batam Center Kota Batam, Selasa (5/3/2019).

Soal membangun komunikasi, Nurdin mengatakan, pihaknya terus membangun sinergitas. Metro Forum Pemilu Damai 2019 sebagaimana yang digelar, menurut Nurdin, baginya sangat penting, apalagi dihadiri berbagai kalangan, dalam menguatakan silaturahmi di antara semua pihak.

Semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu pada April 2019, tambah dia, hendaknya dapat semakin menjaga hubungan dan etika. Hingga persta demokrasi nasional itu, dapat berjalan dengan lancar.

"Hentikan penyebaran berita hoaks, fitnah, adu domba yang dapat memecah belah bangsa. Kesantunan dan menjaga kearifan lokal, harus kita kuatkan. Karena di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Dan untuk menjadi pemenang, haruslah dengan cara yang baik," kata Nurdin.

Nurdin juga menegaskan, TNI-Polri akan terus menjaga soliditas, agar pelaksanaan Pemilu di Kepri dan Indonesia dapat berjalan dengan aman.

Saat ini, sudah mendekati beberapa tahapan, maka dari itu, tetap jaga kekompakan dan bersemangat dalam melaksanakan tugas mulia, apalagi saat penghitungan dan penetapan pemenang Pemilu nantinya.

Sementara itu, Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, dengan daerah kepulauan yang luas ini, sudah dilakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Polda Kepri siap mengawal dan mengamankan Pemilu 2019 serta memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat.

"Berkat kerja sama dan komunikasi yang baik dari seluruh stakeholder, rasa aman bisa tercipta," kata Kapolda.

Menurut Kapolda, berbagai macam kegiatan kepolisian sudah dilaksanakan, seperti operasi mantab brata dan besembang bersama bhabinkamtimbas untuk cipta kondisi. Sinergitas TNI-Polri untuk kesiapan pasukan dalam melaksanakan berbagai tahapan Pemilu serta persiapan dalam menghadapi dan mencegah hal-hal negatif.

Pada Forum ini juga hadir perwakilan Partai Politik, Akademisi, Mahasiswa, LSM, OKP, Paguyuban dan Masyarakat. Hadir juga Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko, GM Posmetro Hariyanto dan Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim.

Editor: Gokli