Rayakan Imlek, Pengurus Maha Vihara Duta Maitreya Monasteri Suguhkan Makanan Vegetarian
Oleh : Hendra
Selasa | 05-02-2019 | 12:04 WIB
vetarian-imlek.jpg
Umat Budha menikmati makanan vegetarian di Maha Vihara Duta Maitreya Monasteri, Sei Panas, Batam saat perayaan Imlek, Selasa (5/2/2019). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perayaan Imlek atau tahun baru China 2570 di Maha Vihara Duta Maitreya Monasteri, Sei Panas, Kota Batam dipadati ribuan warga Tionghoa.

Di Vihara itu, panitia perayaan Imlek telah menyediakan menu makanan vegetarian. Para pengunjung terlihat berbaris rapi dalam antrean untuk menikmati suguhan makanan vegetarian itu.

"Agama kami menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan vegetarian ketika Imlek dan juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang berdarah selama hari pertama perayaan, mulai matahari terbit hingga matahari terbenam," ujar Tschoa, seorang umat Budha, di Vihara Maha Duta Maitreya, Selasa (05/02/2019).

Saat pewarta BATAMTODAY.COM mengunjungi ruang tempat makanan vegetarian dihidangkan, terlihat hamparan ragam makanan khas Imlek tersaji sebanyak empat baris yang berjejer panjang memenuhi ruangan. Di antara makanan itu ada sate sayur, sawi kering, rendang vege, sop jagung, dan ragam jenis makan lainnya dari sayur-mayur.

"Semua makanan ini dari sayur dan kita tidak diperkenankan memakan makanan berdarah saat perayaan Imlek," ujar Alfin Oyolanda, Humas Maha Vihara Duta Maitreya Monastery.

Alfin juga menambahkan, makanan vegetarian ini sudah menjadi tradisi bagi umat Budha saat perayaan Imlek. "Ini adalah tradisi turun temurun para pengabut agama Budha," pungkasnya.

Editor: Gokli