Danyonif Raider Khusus 136/TS Pastikan Prajuritnya Jaga Netralitas dalam Pemilu 2019
Oleh : Hendra Mahyudi
Senin | 28-01-2019 | 18:40 WIB
danyonif.jpg
Danyonif Raider Khusus 136/TS Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis berikanpengarahan pada pesonilnya. (Hendra).

BATAMTODAY.COM, Batam - Danyonif Raider Khusus 136/TS, Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis, memberikan pengarahan, atau lebih dikenal dalam militer dengan sebutan jam pimpinan, kepada seluruh anggota Yonif Rider Khusus 136/TS, Senin (28/1/2019).

Pengarahan tersebut sengaja diberikan agar seluruh pesonil menjaga netralitas TNI dalam pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan legislatif (Pileg) yang akan dilakukan pada April 2019 mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, Hasbul juga menyampaikan apresiasinya atas dedikasi dan semangat pengabdian seluruh prajurit yang telah berdinas dengan baik, sepenuh hati, jiwa dan raganya.

Lebih lanjut ditambahkan, pedoman dalam pelaksanaan tugas seorang prajurit TNI yang berjiwa sapta marga adalah sumpah prajurit dan delapan janji wajib TNI.

"Intinya harus memiliki loyalitas tegak lurus, sehingga seorang prajurit mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan benar," ujar Hasbul, di gedung Serbaguna Yonif RK 136/TS, Jalan Trans Barelang.

Begitu juga dalam menyongsong pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang, ia mengharapkan seluruh anggota Yonif Raider Khusus 136/TS tetap menjaga netralitas TNI.

"Harus patuh pada arahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang menginginkan TNI bersikap netral, sesuai dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, seorang tentara profesional adalah prajurit yang terlatih, terdidik dan dilengkapi secara baik. Tidak berpolitik praktis demi menjaga netralitas TNI dan Polri dalam pemilu.

"Kita sebagai Prajurit TNI akan diminta bantu oleh Kepolisian untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pemilu agar bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Editor: Chandra